Berkat Dukungan PLN Peduli, Kini UMKM di Desa Wisata Keranggan Raih Kenaikan Omset Hingga 22 Persen

PLN
Berkat dukungan PLN Peduli, kini UMKM di Desa Wisata Keranggan raih kenaikan omset hingga 22 persen. (Dokumentasi PLN)

BANTENRAYA.CO.ID – PT PLN (Persero) UID Banten berkomitmen dalam mendorong Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Pengembangan UMKM, hal ini diwujudkan dalam pembangunan berkelanjutan di Desa Wisata Keranggan melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN Peduli.

Dijelaskan oleh General Manager PLN UID Banten, Abdul Mukhlis, Program TJSL yang dilakukan PLN sejalan dengan prinsip-prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG), sehingga aktivitas TJSL dilakukan dengan mempertimbangkan pemberdayaan masyarakat yang bermanfaat serta menjunjung aspek keberlanjutan, termasuk saat PLN UID Banten memberikan bantuan pengembangan di Desa Wisata Keranggan.

“Desa Wisata Keranggan memiliki budaya kearifan lokal dengan keindahan yang alami di tengah kota dan potensi besar ini yang ingin diusung oleh PLN UID Banten saat berkontribusi mendukung pengembangan potensi Desa Wisata Keranggaan sejak tahun 2022 lalu. Tentunya bantuan yang diberikan bukan sekedar charity melainkan program pemberdayaan berkesinambungan, sehingga di tahun ini kami memfokuskan pada bantuan peningkatan perekonomian masyarakat melalui pengembangan UMKM dengan membentuk Kampung UMKM PLN,” jelas Abdul Mukhlis.

Bacaan Lainnya

Poin utama dalam program Kampung UMKM PLN ini adalah mewujudkan konsep satu rumah satu produk UMKM, sehingga setiap rumah di Desa Wisata Keranggan didorong untuk mengembangkan produk rumahan yang memiliki nilai jual.

“Kami berfokus pada pengembangan UMKM di desa Keranggan, awal mula hanya ada 5 UMKM yang dikembangkan, namun saat ini sebanyak 36 UMKM telah tumbuh di desa Wisata ini,” ujar Abdul Mukhlis.

Pengembangan UMKM ini bekerjasama dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat untuk memberikan pelatihan dan pendampingan. Para pelaku usaha mendapatkan bimbingan dalam hal pengembangan produk, manajemen keuangan, pemasaran, dan aspek lain yang diperlukan dalam menjalankan usaha mereka.

“Agar UMKM dapat berkembang dan berkelanjutan, produk-produk yang dihasilkan dikumpulkan dan difasilitasi oleh Pokdarwis untuk kemudian dijual di gerai UMKM Desa Wisata Keranggan dan juga dibantu dijual secara online melalui marketplace. Bahkan kini omset penjualan pun semakin meningkat sebanyak 22%,” ungkap Abdul Mukhlis.

Di bawah bimbingan Pokdarwis kini kelompok UMKM di Desa Keranggan mampu mendapat omset sebesar 130juta rupiah. Ini menunjukan pendampingan UMKM bagi masyarakat Desa Wisata Keranggan dapat memberikan peluang baru bagi pengembangan potensi usaha lokal.

“Ini dapat menjadi solusi bagi masyarakat desa untuk ikut andil dalam pertumbuhan perekonomian desa dengan kerajinan dan olahan tangan yang bisa dijadikan oleh-oleh bagi pengunjung desa wisata. Kami harap dengan berkembangnya UMKM di Desa Wisata Keranggan dapat lebih mendorong kegiatan ekonomi, meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat, dan pengunjung pariwisata di Desa Wisata ini semakin ramai,” tutup Abdul Mukhlis. ***

Pos terkait