BANTENRAYA.CO.ID – Media Sosial menjadi salah satu sarana kampanye pasangan calon kepala daerah tak terkecuali di Kabupaten Pandeglang.
Baru-baru ini, Kastara Research and Consulting melakukan kajian media sosial terhadap dinamika Pilkada Kabupaten Pandeglang 2024.
Dalam kajian ini Kastara Research and Consulting ditemukan beberapa fenomena menarik meski fokusnya adalah dua calon Bupati yang dianggap cukup popular dan memiliki kemungkinan menang besar, yaitu Fitron Nur Ikhsan dan Dewi Setiani.
Berdasarkan hasil kajian, pengguna facebook dan Instagram di Pandeglang ada dalam kisaran 717.6 ribu sampai dengan 844.2 ribu atau luar biasa.
Akun Instagram yang diasosiasikan kepada calon nomor urut 1 Fitron Nur Ikhsan adalah fitronnurikhsan.media dengan follower 1.108. Rata-rata like terhadap akun ini 93, rata-rata komen 5, engagement rate: 8,84 persen, Instagram engagement rate rata-rata: 5 persen (quartile 3 2024).
“Akun @fitronnurikhsan.media sudah cukup baik dari sisi engagement,” demikian bunyi kesimpulan kajian ini.
Adapun Kata yang paling sering muncul di caption pada hastag #fitronnurikhsan adalah Fitron dikenal di media social sebagai anggota DPRD Banten dan Ketua Komisi V DPRD Banten, Fitron juga dikenal sebagai politisi Golkar, Fitron juga dikenal sebagai politisi muda, Fitron diingat pada kiprahnya saat penanganan Covid 19, Fitron belum diasosiasikan dengan pasangannya Diana Jayabaya.
Hasil Sentimen Analisis dari caption media sosial Fitron disimpulkan dalam posisi Neutral 42.86 persen, Negative: 41.67 persen, dan positive: 15.48 persen. “Sentimen negatif terhadap Fitron cukup besar, namun, ini berpeluang berubah dengan jadwal
pemungutan suara masih tersisa dua bulan lagi,” petikan kajian ini.
Calon nomor dua Raden Dewi Setiani dengan akun Instagram rd.dewisetiani memiliki follower 1.334 atau kekuatan di IG lebih unggul dari pada Fitron.
Dari kajian Kastara Research and Consulting , akun Raden Dewi Setiani rata-rata like 93, rata-rata komen: 12, Engagement rate: 7.87 persen, Instagram engagement rate rata-rata: 5 persen (quartile 3 2024). “Akun @rd.dewisetiani sudah cukup baik dari sisi engagement,” kesimpulan kajian ini.
Dalam kajian ini didapat data bahwa kata yang paling sering muncul di caption pada hastag adalah #dewisetiani dan #radendewisetiani.
Dewi dikenal sebagai Calon Bupati Pandeglang, Paslon Dewi Iiing cukup dikenal masyarakat menjadi peserta Pilkada, Sudah diasosiasikan dengan pasangannya Iing Andri, Belum ada citra atau personal yang muncul seperti muda, santun, dekat dengan rakyat, kebijakan, prestasi.
Hasil Sentimen Analisis dari caption yang Positive: 66.67 persen dan – Negative 24.24 persen serta Neutral: 9.09 persen.
“Sentimen Dewi Setiani didominasi oleh sentiment positif, ini menjadi Langkah awal yang baik untuk memulai kampanye,” kesimpulan kajian ini. *