Biaya Calon Gubernur Rp100 Miliar

Bantenraya.co.id– Biaya untuk maju sebagai calon Gubernur Banten cukup fantastis. Nilainya diperkirakan bisa mencapai miliaran rupiah.

Adapun biaya paling banyak digunakan untuk serangan fajar kepada pemilih, operasional, dan saksi.

Related Articles

Salah seorang pengurus partai politik yang tidak mau diungkapkan identitasnya mengatakan, psikologi pemilih saat ini tidak bisa dipisahkan dari politik uang.

Bahkan saat dia mencalonkan sebagai anggota DPRD Banten pun, alokasi anggaran yang paling banyak menyedot uang adalah untuk serangan fajar.

Kolam Ratu Denok Keraton Surosowan di Banten Lama Kota Serang

“Psikologis pemilih kita saat ini seperti itu,” ujar sumber ini kepada Banten Raya.

Dia mengatakan, biaya lain yang akan dibutuhkan oleh seorang calon Gubernur adalah uang mahar kepada partai politik yang memutuskan bergabung dalam koalisi.

Partai politik yang menyerahkan kursi mereka digunakan sebagai perahu pencalonan, tentu tidak gratis. Seperti pepatah Amerika yang terkenal menyebutkan, tidak ada makan siang gratis.

Sumber dari partai lain yang terlibat dalam pencalonan Gubernur Banten tahun 2011 yang saat itu melawan

Tiga Penjabat di Banten Tinjau Tempat Sampah Belakang Banten Lama

incumbent yaitu Ratu Atut Chosiyah menyebutkan bahwa setidaknya anggaran yang dihabiskan saat itu mencapai kurang lebih Rp50 miliar.

Namun, dia mengaku sudah agak lupa untuk detail penggunaannya. “Tapi karena waktu itu Bu Atut sedang kuat-kuatnya, jadi kita kalah,” katanya.

Baca artikel Bantenraya.co.id lainnya di Google News
 
1 2 3 4 5 6Laman berikutnya

Related Articles

Back to top button