BANTENRAYA.CO.ID – PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten atau PLN UID Banten telah berhasil mencapai efisiensi biaya hingga Rp36 miliar setelah menerapkan sistem digitalisasi tata kelola material dan aset yang dikenal dengan nama Material Return Warehouse Inventory (MRWI).
Sistem tata kelola yang digunakan PLN UID Banten ini merupakan wujud transformasi digital pengelolaan material kelistrikan sehingga dapat mengakomodasi pencatatan status material return, mulai dari material ini dikembalikan ke gudang sampai dengan pengklasifikasian material tersebut.
General Manager PLN UID Banten, Abdul Mukhlis, menjelaskan, sebelum adanya MRWI, petugas gudang harus secara manual merekap material yang dikembalikan dan material return belum tertata dengan baik karena belum terklasifikasi sesuai dengan kondisi material.
Namun saat ini pengelolaan material retur telah terdigitalisasi, tercatat, dan terklasifikasi sesuai kondisi barang.
Awalnya hanya tiga Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) di PLN UID Banten yang telah menggunakan MRWI sejak Oktober 2022 lalu, dan pada bulan April secara serentak seluruh UP3 di UID Banten telah terimplementasi MRWI.
“Hasilnya tidak hanya efisiensi biaya, namun juga memberikan kemudahan bagi tim gudang dalam melakukan pemantauan dan pengelolaan material return secara real-time,” jelas Abdul Mukhlis.
Efisiensi terlihat pada nilai penghematan sebesar Rp36 miliar yang dirincikan dari jumlah saving sebesar Rp22 miliar dan potensi saving Rp14 miliar, dari seluruh total material yang telah diproses di MRWI hingga bulan Mei 2023.
Penghematan ini tercapai berkat visibilitas yang baik terhadap aliran material return dalam MRWI sehingga data yang tersedia secara real-time tersebut membantu manajemen dalam mengambil keputusan yang tepat dan mengoptimalkan penggunaan aset.
Abdul Mukhlis menambahkan, melalui implementasi MRWI, PLN UID Banten terus berkomitmen untuk mengadopsi teknologi inovatif guna meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan PLN.
“Kami berharap bahwa perubahan ini tidak hanya akan memberikan manfaat dalam hal efisiensi biaya, tetapi juga meningkatkan kepuasan pelanggan.” ***