Populasi Homoseksual di Banten Melonjak

Bantenraya.co.id – Populasi warga homoseksual atau lelaki suka lelaki (LSL) di Banten melonjak.

Hal tersebut tampak dari data Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Banten mengenai jumlah warga yang melakukan konseling HIV/AIDS atau Voluntary Counseling and Testing (VCT) serta Skrining HIV Mandiri.

Related Articles

Data ini ini dirangkum dari lima kabupaten/kota meliputi Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Serang, Kota Serang, dan Kota Cilegon.

Hingga Juni 2023, jumlah warga yang melakukan VCT dan mengikuti Skrining HIV Mandiri di lima daerah inimencapai 7.644 orang.

Tidak Aktif Bermedsos, Instagram Pj Gubernur Banten Al Muktabar Hanya Berusia 2 BulanĀ 

Dari jumlah itu, warga LSL mencapai 5.226 orang, sedangkan dari kalangan waria sebanyak 410 orang, dan wanita pekerja seks sebanyak 2.008 orang.

Sementara jumlah warga LSL di tahun 2022 yang melakukan VCT dan skrining HIV Mandiri mencapai kurang lebih 1.000 orang.

Project Officer Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Banten Arif Mulyawan mengatakan, dari 5.226 warga LSL, sebanyak 3.494 warga mengikuti VCT dengan hasil 129 orang dinyatakan postif HIV/AIDS.

Dan sebanyak 1.732 orang lagi mengikuti Skrining HIV Mandiri dimana hasilnya sebanyak 82 warga LSL dinyatakan positif HIV/AIDS.

Innalillahi Satu Bacaleg Meninggal, KPU Pandeglang Tetapkan DCT DPRD Pandeglang 640 orang

Arif merinci, temuan kasus HIV/AIDS dari kalangan LSL di Kabupaten Serang sebanyak 28 orang LSL, Kabupaten Tangerang sebanyak 62 orang LSL, Kota Cilegon sebanyak 16 orang LSL, dan Kota Serang sebanyak 23 orang LSL.

1 2 3 4 5Laman berikutnya

Related Articles

Back to top button