BANTENRAYA.CO.ID – Berhasil kalahkan puluhan pesaing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Gelaran Tangerang Selatan (Tangsel) Digifest 2023, Ninauka, salah satu UMKM binaan PLN UID Banten, terbukti menjadi produk unggulan dengan meraih Juara Ketiga Kategori Fesyen dalam ajang ini.
Pasalnya ajang yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Tangerang Selatan ini mengadakan kompetisi terbuka untuk para pelaku UMKM untuk menjadi produk UMKM berkualitas terbaik di Tangerang Selatan.
Titik, pemilik UMKM Ninauka menyebutkan bahwa dirinya merasa senang sekaligus bangga bahwa UMKM miliknya bisa menjadi salah satu pemenang di kategori fesyen setelah bersaing dengan 56 UMKM lainnya.
“Alhamdulillah, Kami sangat bersyukur dan bahagia atas penghargaan ini. Berkat dukungan dari berbagai pihak, dan dedikasi tim kami dalam menciptakan produk-produk fesyen yang berkualitas dan unik. Mengikuti Tangsel Digifest ini kami jadikan pengalaman dan pembelajaran untuk terus berkembang,” ujar Titik.
Titik menjelaskan dalam proses mengikuti gelaran ini, dirinya harus melalui beberapa tahap seleksi terbuka yang langsung dinilai oleh tim dewan juri. Menurutnya, produk Ninauka unggul karena rencana proses bisnis kedepan yang matang dan desain produk yang unik, dimana salah satunya adalah kain tenun baduy sebagai bahan dan motif unggulan.
“Dalam proses seleksinya kami mengikuti presentasi yang dilaksanakan secara terbuka, sehingga semua peserta dapat melihat langsung presentasi masing-masing UMKM yang berhasil melaju hingga tahap final kompetisi,” jelas Titik.
BACA JUGA: PLN Hadirkan Listrik Andal pada Peresmian Wisata Kuliner Aloha oleh Menteri BUMN Erick Thohir
General Manager PT PLN (Persero) UID Banten, Abdul Mukhlis, mengaku bangga karena ada UMKM binaan PLN UID Banten yang berhasil memenangkan ajang kompetisi kewirausahaan yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah setempat. Ini menunjukan bahwa UMKM binaan PLN UID Banten benar-benar berkualitas dan memiliki daya saing.
“Kami mengucapkan selamat kepada UMKM Ninauka atas penghargaan yang telah diraih. Kami ikut berbangga, karena PLN juga menjadi mitra dalam pengembangan bisnis UMKM Ninauka. Semoga UMKM Ninauka dapat semakin maju dan jangkauan pemasaran produknya bisa semakin luas,” pungkasnya.
Lebih lanjut Abdul Mukhlis menjelaskan bahwa PLN berkomitmen mendukung pengembangan UMKM dengan melakukan pembinaan dan pemberian bantuan untuk UMKM. Upaya yang dilakukan PLN ini merupakan komitmen perseroan terhadap prinsip Environmental, Social and Governance (ESG) dalam menciptakan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan.
BACA JUGA: PLN Siapkan Sistem Listrik Hijau dan Canggih untuk Istana Kepresidenan di IKN
“Sektor UMKM adalah tulang punggung perekonomian di Indonesia, sehingga PLN akan terus memberikan pendampingan kepada para pelaku UMKM untuk meningkatkan produktivitasnya,” katanya.
“Saat ini PLN telah memberikan wadah bagi UMKM untuk memasarkan produknya melalui marketplace dalam aplikasi PLN Mobile. Di bulan Agustus ini pun PLN memberikan promo bagi seluruh pelanggan PLN dengan cara membeli produk UMKM di aplikasi PLN Mobile minimal 78 ribu rupiah, akan mendapatkan diskon naik daya hanya dengan biaya Rp 170.845,” tutup Abdul Mukhlis. ***