Dua Kampung di Sindangresmi Krisis Air Bersih

4 air bersih
KEKERINGAN : BPBD Pemadam Kebakaran Pandeglang menyalurkan air bersih di Kampung Sidamukti, Desa Sindangresmi, Kecamatan Sindangresmi, Senin (12/8).

PANDEGLANG, BANTEN RAYA – Dua kampung di Desa Sindangresmi, Kecamatan Sindangresmi, Kabupaten Pandeglang mengalami krisis air bersih. Kedua kampung yang mengalami kekeringan, yakni Kampung Sidamukti, dan Kampung Nyalindung dengan total jiwa sebanyak 250 orang.

Amran Toni, warga Kampung Nyalindung mengatakan, warga setempat harus menggunakan air sungai untuk mencukupi keperluan sehari-hari. “Paling pakai air sungai, berjarak sekitar 1 kilometer dari permukiman penduduk dengan berjalan kaki,” ujarnya.

Saat kemarau, kualitas air sungai kata Toni tidak menjamin dan terkadang keruh. “Walau air keruh tetap kami pakai karena tidak ada sumber air lain,” tegasnya.

Bacaan Lainnya

Baca Juga : Tanah dan Rumput Ditengah-Tengah Bendung Karet Cibanten Kasemen Kota Serang

Camat Sindangresmi, Muklis Arifin membenarkan, ada puluhan Kepala Keluarga (KK) di Desa Sindangresmi yang mengalami kekurangan air bersih akibat bencana kekeringan.

Warga yang mengalami krisis air bersih tersebut tengah dilakukan pendataan. “Betul, sudah ada beberapa kampung yang mulai kesulitan air bersih dampak kemarau. Sekarang lagi kami data,” terangnya.

Muklis menerangkan, warga yang terdampak bencana kekeringan sudah diberikan bantuan air bersih dari pemerintah daerah. Kekeringan terjadi karena sumber mata air yang biasa digunakan masyarakat mulai mengering.

Baca Juga : Petani Kasemen Terpaksa Panen Lebih Dini Padinya

“Sudah ada bantuan air. Memang air bersih untuk konsumsi sudah mulai sulit, sudah hampir dua bulan di wilayah Kecamatan Sindangresmi tidak turun hujan,” ujarnya.

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran, dan Penyelamatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pemadam Kebakaran Kabupaten Pandeglang, Endan Permana membenarkan, dua kampung yang terdampak bencana kekeringan di Kecamatan Sindangresmi, sudah diberikan bantuan air bersih.

Baca Juga : Situ Ciwaka Walantaka Kota Serang Bisa Digunakan Main Bola Karena Airnya Mengering

Bantuan disalurkan sesuai laporan warga di Sindangresmi tengah mengalami kesulitan air bersih. “Informasinya, dua kampung yang terdampak kekeringan di Sindangresmi sudah diberikan bantuan air bersih,” katanya.***

 

Pos terkait