Malam 15 Ramadhan! Bacaan Doa Qunut Witir Saat Ramadan Lengkap dengan Tata Cara dan Manfaatnya

Puasa Arafah dilaksanakan pada 9 Dzjulhijjah
Bacaan niat puasa Arafah 9 Dzjulhijjah (PIXABAY/artadyagumelar)

BANTENRAYA.CO.ID – Inilah informasi seputar bacaan doa qunut witir saat Ramadan lengkap dengan tata cara dan manfaatnya.

Ketika pertengahan bulan Ramadhan, pelaksanaan Sholat Tarawih dengan membaca qunut witir.

Meski hukumnya adalah sunah, namun jika dibaca doa qunut witir akan melengkapi sholat itu sendiri yakni dengan menyelipkan doa khusus di dalamnya.

Bacaan Lainnya

Pembacaan doa qunut witir ini merujuk pada berbagai riwayat yang menggambarkan tata cara tarawih-witir pada masa khalifah Umar bin Khattab RA. Di masa silam, Umar bin Khattab merupakan khalifah yang pertama kali menyuruh rakyatnya menjalankan salat tarawih sebanyak 20 rakaat secara berjamaah.

BACA JUGA: Bacaan Doa Qunut Subuh Versi Panjang Dan Pendek Lengkap Dengan Terjemahannya

Tidak hanya itu saja, pelaksanaan doa qunut pada sholat witir juga diperkuat dengan pendapat Hasan bin Ali (cucu Nabi Muhammad SAW) berikut: “Kakekku, Rasulullah SAW mengajarkan beberapa kalimat yang dibaca ketika qunut dalam sholat witir”, (HR Ibnu Majah).

Seperti kita ketahui Qunut adalah amalan yang disunnahkan dalam sholat, sejak malam 15 bulan Ramadhan sudah di sunnahkan membaca qunut pada saat menunaikan sholat witir yang terakhir.

Doa qunut pada umumnya dibaca pada saat melaksanakan sholat subuh.

Akan tetapi bukan hanya sholat subuh saja tapi pertengahan bulan Ramadhan yaitu pada malam 15 bulan Ramadhan, qunut juga dibaca pada saat sholat witir disebut juga dengan qunut witir.

BACA JUGA: 5 Keutamaan Sahur di Bulan Ramadhan, dari Mulai Membangun Kebiasaan hingga Waktu Mustajab Dikabulkannya Doa

Qunut berasal dari bahasa Arab yang memiliki beberapa makna yaitu, berdiri lama, diam, selalu taat, tunjuk, doa, dan khusu’.

Doa qunut secara istilah memiliki arti lain yaitu doa dibaca oleh seorang muslim pada saat sholat pada tempat yang telah dikhususkan selama berdiri.

Empat madzhab dalam Islam setuju dengan keputusan bahwa qunut pada saat sholat witir adalah sunnah. Oleh karena itu bagi umat muslim yang membaca doa qunut pada saat sholat akan mendapatkan pahala lebih.

Penasaran dengan doa qunut witir? Simak artikel ini sampai selesai.

Dikutip Bantenraya.co.id dari berbagai sumber, berikut ini adalah bacaan doa qunut witir saat Ramadan lengkap dengan tata cara dan manfaatnya:

bacaan doa qunut witir bahasa latin beserta artinya:

Allahummahdini fiiman hadayta wa aafinii fiiman aafyata wa tawallanii fiiman tawallayta wa baariklii fiiman a thoyta waqinii syarro maa qodhoyta walla yuqdhoo alaika wa innahu laa yadzillu man waalayta walaa ya izzu man aadayta tabaarakta robbanaa wa ta aalayta.

Artinya: “Ya Allah, berilah aku petunjuk sebagaimana Engkau memberikan petunjuk (kepada selainku), berilah keselamatan sebagaimana Engkau memberikan keselamatan (kepada selainku), rawatlah aku sebagaimana Engkau merawat orang lain, berilah keberkahan kepadaku pada semua pemberian-Mu, lindungilah aku dari kejelekan takdir-Mu, sesungguhnya Engkau menakdirkan dan tidak ditakdirkan, dan sesungguhnya tidak terhinakan orang yang menjadikan Engkau sebagai wali, dan tidak mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Suci dan Maha Tinggi Engkau, wahai Rabb kami. Maha bagi Engkau segala pujian di atas yang Engkau hukumkan, aku memohon ampun dari Engkau dan aku bertaubat kepada Engkau. Dan semoga Allah mencurahkan rahmat dan sejahtera ke atas junjungan kami Nabi Muhammad, keluarga, dan sahabatnya.” (HR. At Tirmidzi No.464, Abu Daud No. 1425, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Abu Daud).

Tata Cara Doa Qunut dalam Salat Witir

Doa qunut witir ini dibaca pada saat rakaat ketiga sebelum rukuk dalam setiap shalat sunnah. Lain halnya dengan doa qunut Subuh yang dibaca pada rakaat kedua salat Subuh. Sama halnya dengan doa qunut nazilah, membaca doa qunut witir dan Subuh juga dapat dilakukan dengan cara menengadahkan tangan ke langit.

Manfaat Membaca Doa Qunut dalam Salat Witir

Rahasia doa qunut terdapat dalam tiap kalimat-kalimatnya. Bacaan doa qunut mencakup kebaikan dunia dan akhirat serta permohonan dengan merendah dan tunduk. Permohonan tersebut untuk mendatangkan manfaat dan menolak mudarat di dunia maupun di akhirat. Berikut adalah manfaat membaca doa qunut dalam salat tarawih :

1. Doa untuk mendapatkan permohonan hidayah

Dalam hal ini digunakan permohonan mendapatkan manfaat dalam agama. Selain itu juga menjadi fondasi bangunan kesahihan amal, diterimanya amal yang menjadi tujuan yang dicari oleh seorang hamba.

2. Doa untuk mendapatkan kesehatan

Nabi banyak berdoa untuk kesehatannya dengan doa qunut. Hal ini dilakukan setelah memohon petunjuk. Nabi meminta kesehatan dan kebahagian dunia akhirat.

3. Doa memberi pertolongan

Doa qunut dipercaya dapat menolak apa yang ditakutkan dan menghasilkan apa yang diharapkan oleh seorang umat. Hamba yang ditolong Allah pasti dicukupkan, diberi apa yang diharapkan, dan dilindungi dari apa yang ditakuti.

4. Doa agar nikmat dicukupkan

Doa qunut dipercaya untuk memperlancar rezeki. Allah memberikan nikmat kepada hambanya yang taat secara terus menerus dan tetap.

5. Doa perlindungan dari marabahaya

Doa qunut dipercaya untuk memohon perlindungan dari hal-hal yang tidak diinginkan. Doa ini digunakan untuk memohon keselamatan dunia akhirat. Orang yang dilindungi Allah tidak akan terhina di mata Allah.

Demikian bacaan doa qunut witir saat Ramadan lengkap dengan tata cara dan manfaatnya.***

Pos terkait