Kepala Desa Talaga: Perkuat Kelembagaan dan Genjot Hasil Pertanian

3 BINCANG BINCANG 5
Embay Solihin, Kepala Desa Talaga, Kecamatan Mancak

Belum lama ini 144 calon kepala desa terpilih baru dilantik, salah satunya Kepala Desa Talaga. Apa yang akan dilakukan untuk memajukan desa? Wartawan Banten Raya Tanjung mewawancarai Embay Solihin, Kepala Desa Talaga, Kecamatan Mancak, Kamis (25/11). Berikut intisarinya.

Apa yang akan dilakukan setelah resmi dilantik sebagai kepala desa?

Setelah acara sertijab (serah terima jabatan) saya langsung melakukan konsolidasi dan koordinasi dengan perangkat desa, pengurus BPD (Badan Permusyawaratan Desa), dan para ketua RT dan ketua RW. Saya juga akan mengajak para calon kepala desa yang berkompetisi dengan saya untuk bersama-sama membangun Desa Talaga.

Setelah itu langkah apa yang akan dilakukan selanjutnya?

Tentunya, kita harus menyusun RPJMDes (rencana pembangunan jangka menengah desa) tapi sambil berjalan saya akan melakukan penguatan kelembagaan dulu, baik itu perangkat desa, ketua RT dan ketua RW termasuk lembaga kemasyarakat lain yang ketuanya sudah habis masa jabatannya, yang kurang aktif, dan membentuk lembaga yang belum ada.

Bagaimana dengan pembangunan Desa Talaga ke depan?

Ketika saya mencalonkan menjadi kepala desa saya memiliki visi dan misi, karena itu sebagai janji politik saya maka harus dituangkan dalam rencana kerja Desa Talaga enam tahun ke depan. Yang paling penting bagaimana Desa Talaga harus terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakatnya agar lebih baik lagi.

Apa potensi yang bisa kembangkan di Desa Talaga?

Yang jelas Desa Talaga ini daerah pertanian, kita akan bekerjasama dengan pihak-pihak terkait agar bisa memberikan pelatihan kepada petani Desa Talaga agar pertanian warga kami bisa lebih maju lagi. Kita juga akan mendorong pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan ekonomi kreatif.***

Pos terkait