Contoh Teks Pidato Menyambut Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah

Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah
Contoh teks pidato menyambut peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah. (Sumber : freepik.com)

BANTENRAYA.CO.ID – Menyambut peringatan Tahun Baru Islam merupakan moment penting yang paling tunggu oleh umat muslim di dunia.

Sebab, pada peringatan Tahun Baru islam 1 Muharram merupakan peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah Islam.

Karena Tahun Baru Islam merupakan peristiwa untuk memperingati penghijrahan Nabi Muhammad SAW dari Kota Makkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi.

Bacaan Lainnya

BACA JUGA: Gratis! 10 Link Twibbon Tahun Baru Islam 1445 H dengan Desain Keren, Unik, Kekinian dan Menarik Cocok untuk Dibagikan di Medsos

Maka dari itu. umat muslim biasanya dalam memperingati Tahun Baru Islam ini selalu memperbanyak doa serta zikir.

Apalagi jika umat muslim menyampaikan pidatonya sebagai bentuk untuk memperingati Tahun Baru Islam yang akan dilaksanakan pada Rabu, 19 Juni.

Berikut ini contoh teks pidato menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 14445 Hijriah yang menguntip dari laman pidato.

BACA JUGA: 15 Ucapan Selamat Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah, Religius dan Islami, Cocok Buat Caption Media Sosial

1. Contoh teks pidato Tahun Baru Islam

Assalamualaikum Wr. Wb.

Alhamdulillahirobbil alamin wabihi nastainu ala umuriddun ya waddin wa ala alihi washohbihi ajmain, amma badu.

Bapak-bapak, Ibu-ibu, dan hadirin yang saya hormati,

Puji dan syukur dipanjatkan kehadirat Allah Swt. yang telah memberi kesempatan panjang umur kepada kita sehingga kita bisa berkumpul dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1444 Hijriah.

Semoga dalam memasuki tahun baru ini kita semua dapat meningkatkan amal bakti kita kepada Tuhan Yang Maha Esa, berwawas diri, berdisiplin dengan bercermin pada masa-masa yang silam atau masa yang sedang kita tinggalkan, sebab masa-masa yang silam itu adalah merupakan cermin yang sangat berharga.

Bapak-bapak, Ibu-ibu serta hadirin yang saya hormati,

BACA JUGA: Terpopuler! 10 Quotes Tahun Baru Islam 1445 Hijriah yang Penuh Doa, Makna dan Menginspirasi

Sebentar lagi kita akan meninggalkan tahun 1443 Hijriah dan kita melangkah ke tahun yang baru yakni tahun 1444 Hijriah. Marilah kita sambut Tahun Baru Islam ini dan kita isi lembaran-lembaran kertas putih dengan tinta emas demi kesuksesan di masa mendatang.

Dan marilah kita tengok ke belakang sejenak dalam lembaran-lembaran yang penuh dengan catatan-catatan, jadikanlah hal itu pengalaman dan suri teladan, yang baik kita ambil dan mana yang buruk kita buang atau singkirkan.

Pengalaman adalah guru yang paling baik. Sudah barang tentu pada tahun-tahun yang silam kita mengalami pengalaman yang pahit dan getir, bahkan sebaliknya mengalami pengalaman yang manis dan lezat.

Oleh karena itu, suasana tahun baru Islam kita semua harus senantiasa berusaha meningkatkan pengabdian kita kepada Allah Swt. Kalau di tahun yang telah lalu kita masih sering melakukan berbagai kekurangan, di tahun ini kita kejar kekurangan-kekurangan itu dengan semangat memperbaiki diri menuju kesempurnaan.

BACA JUGA: 7 Fakta Menarik di Masjid Nabawi yang Jarang Diketahui Oleh Banyak Orang

Yang mengalami kegagalan di tahun kemarin, di tahun depan kita harus bangkit dan bisa meraih kesuksesan. Yang sudah sukses di tahun kemarin, tahun depan minimal kita harus bisa bertahan dalam kesuksesan bahkan lebih sukses lagi.

Semoga di tahun baru 1444 Hijriah, kita senantiasa ada dalam bimbingan, lindungan dan rida Allah Swt. Itu saja pidato yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Akhirul kalam, wassalamualaikum Wr. Wb.

2. Contoh teks pidato Tahun Baru Islam

Assalamualikum Wr. Wb.

Bismillah alhamdulillah wassholatu wassalmu ala rosulillah waala alihi washohbihi wamawwalah, amma badu.

Bapak-bapak, Ibu-ibu yang saya hormati,

BACA JUGA: Ini 5 Manfaat Bagi Kamu Yang Rajin Melaksanakan Sholat Sunnah Dhuha Dan wajib Kamu Ketahui

Di awal Tahun Baru Hijriah ini marilah kita bersyukur kepada Allah Swt. dan meningkatkan iman serta takwa kepada-Nya sehingga kualitas pribadi kita sebagai orang islam semakin tinggi dan mulia di dunia dan di akhirat, amin.

Bapak, Ibu hadirin yang saya hormati,

Untuk menjalani kehidupan pada tahun ini kita harus menggunakan siasat yang mampu dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu:

Kita harus memperhitungkan terhadap kepentingan hidup di masa yang akan datang terutama di akhirat dengan meningkatkan ketakwaan kepada Allah Swt.

BACA JUGA: Khutbah Jum’at Terbaru Mengenai Merenungi Hasil Capaian Ibadah Haji 2023

Kita harus mau dan mampu melihat kesalahan dan dosa diri kita sendiri pada tahun yang lalu, kemudian kita bertobat dan memperbaiki diri dengan mengerjakan amal saleh.

Sebagaimana firman Allah dalam surat Al-Maidah ayat 39, yang artinya:

“Maka barang siapa yang bertobat sesudah melakukan kejahatan itu dan memperbaiki diri maka sesungguhnya Allah menerima tobatnya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Kita harus menyadari bahwa setan itu musuh yang nyata bagi kita maka semua rayuan dan bujukan setan berupa minuman khamer, narkoba, judi, dan zina harus ditinggalkan karena merugikan dan menyengsarakan diri kita, baik di dunia maupun di akhirat.

BACA JUGA: Cicipi Kuliner Khas Arab Saat Umrah dan Haji, Ada Ma’amoul yang Wajib Kamu Icip

Itulah tiga hal yang merupakan strategi yang harus kita laksanakan dalam menjalani hidup di tahun ini. Semoga Allah Swt. mengampuni dosa kita pada tahun yang lalu, meridai ibadah dan amal saleh kita, serta memberikan kesehatan dan umur panjang kepada kita dan keluarga sehingga dapat meningkatkan ibadah dan amal saleh pada tahun ini, amin.

Billahi taufiq walhidayah, wassalamualaikum Wr. Wb.

Demikian contoh teks pidato menyambut peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah.***

Pos terkait