Susah Move On? Begini Tips dan Trik Melupakan Mantan dari Psikolog

tips dan trik melupakan mantan dari psikolog yang wajib tahu
tips dan trik melupakan mantan dari psikolog yang wajib tahu. (Freepik/Freepik.com)

BANTENRAYA.CO.ID – Inilah informasi seputar tips dan trik melupakan mantan dari psikolog yang wajib tahu.

Kapan terakhir kali anda susah melupakan mantan? apa anda lakukan? mengurung diri di kamar mendengar lagu-lagu sedih berulang-ulang, berhari-hari, atau malah berminggu-minggu?

Seperti kita ketahui semua masyarakat pernah bertanya-tanya bagaimana cara yang susah melupakan mantan setelah putus cinta dan mengalami sakit hati, anda mungkin pernah mengalami sentimen umum dari teman dan keluarga.

Bacaan Lainnya

BACA JUGA: UPDATE Kode Redeem CD Key Mobile Legends Adventure MLA 31 Juli 2023, Berhadiah Double EXP Card hingga Skin Hero Langka

Penasaran dengan tips dan trik melupakan mantan dari psikolog yang wajib tahu? Simak artikel ini sampai selesai.

Dikutip Bantenraya.co.id dari situs Postive Psychology, Berikut ini adalah situs Postive Psychology:

1. Penyangkalan

BACA JUGA: NO HOAX! Kode Voucher Shopee Hari Ini Rabu, 2 Agustus 2023 Terbaru Awal Bulan, Ada Diskon Rp128 Ribu Serta Cashback 10 Persen!

Rasa penyangkalan timbul setelah putus cinta. Biasanya menghadapi kenyataan bahwa hubungan berakhir tidak mudah.

Secara logis, seseorang sadar dirinya sudah mengakhiri hungan dengan sang kekasih. Namun, seseorang akan berada di fase tidak percaya dan berharap itu hanya sebuah mimpi.

2. Kemarahan

BACA JUGA: Anak Ketua DPRD Ambon Ditangkap Polisi, Setelah Menghilangkan Nyawa Seorang Remaja 15 Tahun: Begini Kronologinya!

Rasa marah terhadap mantan atau diri sendiri kerap terjadi setelah putus cinta. Hal tersebut merupakan bagian dari proses kehilangan.

Secara logis, seseorang sadar dirinya sudah mengakhiri hungan dengan sang kekasih. Namun, seseorang akan berada di fase tidak percaya dan berharap itu hanya sebuah mimpi.

3. Tawar menawar

BACA JUGA: Ini Jadwal Acara SCTV Hari Ini, 30 Juli 2023 dan Link Streaming: Turnamen Olahraga Selebriti Indonesia hingga Bidadari Surgamu

Fase ini berada jika seseorang belum bisa menerima kenyataan bahwa dirinya dan sang kekasih sudah putus cinta.

Fase ini ditandai dengan adanya penawaran atau janji yang diajukan kepada mantan agar hubungan bisa kembali semula.

Selain itu, seseorang yang berada di fase ini akan melakukan berbagai cara demi hubungan yang sudah retak bisa menyatu.

BACA JUGA: GRATIS! Link Download Minecraft Pocket Edition 1.19.70 Terbaru, Pakai Link Original dari Rockstar Games yang Resmi

4. Depresi

Fase yang paling tinggi dari putus cinta. Seseorang yang dilanda kehilangan akan merasakan putus asa, sulit tidur, tidak napsu makan, hingga kerap mengonsumsi alkohol.

Mereka yang berada di titik terendah dan tidak bisa mengatasi masalah tersebut, akan lebih baik untuk berkonsultasi secara langsung ke psikolog atau tim medis ahlinya.

5. Penerimaan

Fase terakhir dari putus cinta yaitu penerimaan. Berada di fase terakhir bagi sebagian orang membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Melalui fase ini, seseorang akan menerima kenyataan bahwa situasi telah berubah. Juga, seseorang akan melangkah maju menata kembali hidupnya.

Tips move on, bisa diterapkan bagi Anda yang baru putus cinta sehingga mencegah rasa depresi.

6. Jangan berkencan

Usai putus cinta, jangan pernah mencoba berkencan dengan siapapun untuk sementara waktu. Berkencan dengan orang baru bukan cara tepat untuk bisa move on dari mantan. Pulihkan sakit hati, kemudian berkencan kembali di waktu yang sudah tepat.

7. Rawat diri

Perawatan diri sangat dibutuhkan. Langkah tersebut dapat memberikan Anda ruang dan waktu untuk penyembuhan lebih cepat.

Melalui perawatan diri, Anda bisa fokus melakukan apapun yang dapat meningkatkan perasaan senang. Sehingga, secara perlahan bisa bangkit.

8. Fokus pertumbuhan diri

Pada fase ini, Anda bisa memberikan kesempatan kepada diri sendiri untuk melakukan evaluasi. Tujuannya, Anda bisa belajar memaafkan diri dari kesalahan dan menata kehidupan lebih baik dari sebelumnya.

9. Ingat apa yang disukai

Langkah berikut dapat Anda manfaatkan dengan melihat hal yang disukai, seperti hobi yang membangkitkan rasa positif, percaya diri, dan kegembiraan.

10. Biarkan orang lain mendukung Anda

Jika Anda baru putus cinta, sebaiknya bisa mencurahkan perasaan kepada seseorang yang dipercaya.

Melalui fase ini, beban yang ada di diri Anda bisa dengan mudah berkurang. Izinkan orang yang Anda percaya memberikan dukungan maupun saran.

Cari bantuan profesional

Jika Anda sulit mengatasi persoalan sehabis putus cinta dan merasa mengalami depresi. Berkonsultasi ke psikolog dapat membantu Anda mengatasi permasalahan yang terpendam.

Jangan malu dan takut mendapatkan bantuan profesional. Pasalnya, kesehatan jiwa sangat penting.***

Pos terkait