Berikan Layanan Berteknologi Lebih Canggih, PLN Banten Ganti Meter Konvensional dengan Smart Meter Berbasis AMI 

PLN
Petugas PLN UP3 Cikokol melaksanakan briefing sebelum melakukan pemasangan smart meter AMI. (Dokumentasi PLN)

BANTENRAYA.CO.ID – PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada pelanggan melalui pemasangan smart meter berbasis Advanced Metering Infrastructure (AMI). Smart meter AMI merupakan terobosan PLN dalam mengembangkan teknologi Internet of Things (IoT) pada infrastruktur kelistrikan.

Sejak Juni hingga Agustus 2023, PLN UID Banten melalui Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Cikokol telah memasang sebanyak 63.007 buah smart meter AMI dibeberapa titik lokasi pelanggan yang ada di kota Tangerang.

Pemasangan dilakukan dengan mengganti meter konvensional menjadi smart meter AMI. Keunggulan dari smart meter AMI adalah mampu meningkatkan layanan dua arah yang lebih baik antara PLN dengan pelanggan secara real time serta dapat melakukan deteksi dini gangguan sehingga lebih cepat teratasi.

Bacaan Lainnya

BACA JUGA: Ukir Prestasi, UMKM Binaan PLN Sabet Juara pada Tangerang Selatan Digifest

General Manager PLN UID Banten, Abdul Mukhlis menjelaskan, kelebihan smart meter AMI dibandingkan meter konvensional adalah bahwa smart meter AMI memiliki sistem komunikasi digital yang lebih canggih, akurat, dan berkualitas.

Sementara dari sisi pelanggan, nantinya mereka dapat memonitor pemakaian listrik secara real time karena smart meter AMI akan terintegrasi dengan aplikasi PLN Mobile.

“Sebelumnya, dengan meter konvensional pembacaan meter dilakukan secara manual oleh petugas PLN dengan mendatangi satu per satu rumah pelanggan, ditambah dengan informasi pemakaian listrik baru dapat diketahui di akhir bulan saja.”

“Saat ini dengan smart meter AMI, PLN dapat mengetahui penggunaan listrik pelanggan secara real time. Selain itu PLN juga dapat memantau masalah kelistrikan pelanggan lebih cepat dan akurat,” jelas Abdul Mukhlis.

BACA JUGA: Dukung Pengembangan dan Peningkatan SDM, PLN UID Banten Teken MoU Program Magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka dengan Institut Teknologi PLN (ITPLN)

Respons positif juga disampaikan oleh Ziri, pelanggan PLN UP3 Cikokol yang meter konvensional di rumahnya telah diganti dengan smart meter AMI. “Sebelumnya setiap bulan petugas PLN datang dari rumah ke rumah untuk melakukan catat meter listrik, saat ini hal tersebut tidak ada lagi karena pembacaan kWh meter sudah dilakukan secara digital. Dengan smart meter AMI privasi kita sebagai pelanggan juga lebih terjaga,“ terangnya menyampaikan.

Smart meter AMI merupakan bagian dari transformasi digital PLN yang kini dapat dinikmati oleh pelanggan. Dengan smart meter AMI diharapkan pelanggan semakin nyaman menikmati layanan dari PLN, khususnya pelanggan PLN UID Banten. ***

Pos terkait