Trending

Dindik Tuntut Sekolah Jadi Pusat Unggulan

SERANG, BANTEN RAYA – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Serang menuntut setiap sekolah memiliki pusat keunggulan (center of excellence) masing-masing. Dengan demikian, maka orang tua akan memiliki banyak pilihan di sekolah mana anak mereka akan disekolahkan.

Kepala Dindikbud Kota Serang Alpedi mengatakan, dia mewajibkan setiap sekolah yang ada di Kota Serang mulai tahun 2022 ini untuk menganalisa kemudian menetapkan program atau pusat unggulan apa yang bisa ditonjolkan oleh sekolah tersebut. Pusat unggulan ini bisa berupa unggulan akademik maupun non akademik seperti olahraga, seni, dan lain-lain. “Semua sekolah wajib punya unggulan,” kata Alpedi, Selasa (12/4/2022).

Dengan memiliki pusat keunggulan maka sekolah akan memiliki daya tarik bagi orang tua murid untuk menyekolahkan anak mereka di sekolah tersebut. Hal ini juga sebagai solusi atas banyaknya keluhan dari pengelola sekolah karena jumlah murid mereka setiap tahun selalu berkurang, karena sejumlah faktor.

Alpedi mengatakan, sekolah bila ingin menjadi sekolah yang banyak diminati oleh siswa atau orang tua maka harus memiliki keunggulan sehingga menjadi daya tarik bagi orang tua untuk menyekolahkan anak mereka di sekolah tersebut. Dia mencontohkan sejumlah sekolah yang memiliki keunggulan seperti Al Izzah dan Al Azhar yang selalu menjadi sekolah favorit orang tua untuk menyekolahkan anak mereka di sana.

Bahkan, kedua sekolah itu kerap menolak siswa karena kuota yang disediakan sudah penuh. Sementara orang tua yang menyekolahkan anak mereka merasa puas dengan pendidikan yang didapatkan anak mereka saat sekolah di sekolah tersebut.

Baca artikel Bantenraya.co.id lainnya di Google News
 
1 2Laman berikutnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button