Trending

Hadiri ADEKSI, Nurrotul Uyun Bahas Reformasi Sistem Pemerintah Daerah

BANTENRAYA.CO.ID – Wakil Ketua DPRD Kota Cilegon Nurrotul Uyun menghadiri pertemuan Asosiasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Seluruh Indonesia (ADEKSI).

Pada pertemuan Bersama sejumlah anggota DPRD dari sejumlah kota se Indonesia lainya, Uyun membahas reformasi system pemerintah daerah.

ADEKSI merupakan Organisasi otonom dan independen terdiri dari 90 DPRD Kota dari seluruh Indonesia. ADEKSI didirikan pada tanggal 26 Juni 2001 sebagai bagian dari program desentralisasi yang lebih dikenal dengan otonomi daerah.

Tujuan ADEKSI yaitu melaksanakan tiga kegiatan utama yakni memfasilitasi penyelenggaraan kegiatan pengembangan kapasitas anggotanya, kegiatan advokasi dan penyediaan layanan informasi dan publikasi.

ADEKSI melakukan kerjasama dan didukung oleh lembaga lain baik dari dalam maupun luar negeri, di antaranya terciptanya tata pemerintahan lokal yang baik (good local governance), peningkatan kualitas hidup masyarakat di daerah melalui peningkatan kualitas demokrasi di tingkat lokal.

Nurrotul Uyun menjelaskan,pada pertemuan kali ini, rapat ADEKSI fokus membahas reformasi system pemerintah daerah.

Secara spesifik politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu menjelaskan, pentingnya eksistensi pemerintah daerah bisa ditinjau daeri beberapa aspek.

Aspek kewilayahan,Indonesia merupakan negara yang sangat luas dengan karakter wilayah dan kebudayaan yang berbeda-beda.

Kemudian, dari aspek legal konstitusional, pemerintah daerah pun telah diatur dalam undang-undang.

Pentingnya pemerintah daerah pun bisa dilihat dari aspek kependudukan dimana jumlah penduduk sangat besar mencapai 278,7 juta jiwa.

Baca artikel Bantenraya.co.id lainnya di Google News
 
1 2Laman berikutnya

Related Articles

Back to top button