Trending

Pemkot Serang Nyerah Angkat 5.646 Honorer Jadi P3K, 3.489 Honorer Belum Masuk Aplikasi BKN

SERANG, BANTEN RAYA – Pemerintah Kota (Pemkot) Serang menyatakan tidak sanggup (menyerah) bila harus mengangkat 5.646 tenaga honorer menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K).

Sebabnya, kemampuan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Kota Serang sangat terbatas.

Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Serang Nanang Saefudin usai audiensi dengan perwakilan Forum Honorer Kota Serang, di ruang rapat Walikota Serang, Setda lantai 2, Puspemkot Serang, Kota Serang, Rabu (27/9/2022).

Nanang mengatakan, berdasarkan data sementara terdapat 5.646 tenaga honorer yang mengabdi di Pemkot Serang.

Ribuan honorer itu mengajukan sejumlah tuntutan atas tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya. Salah satu tuntutannya yakni diangkat menjadi P3K.

“Mereka juga berharap jadi P3K. Sebenarnya Pak Walikota di dalam forum asosiasi pemerintah kota se-Indonesia sudah menyampaikan ini ke Kemenpan RB. Kita inginnya 5.646 honorer itu jadi P3K. Tapi kalau 5.646 itu wajib direkrutmen saya yakin agak keberatan. Bicara jujur. Sekarang kalau 5.646 dikali 3 juta rupiah sebulan, berapa,” ujarnya.

Nanang menuturkan, kuota P3K akan ditentukan oleh pemerintah pusat atau Menpan RB, sedangkan Pemkot Serang hanya menyediakan tempat penyelenggaraan P3K.

“Tentu ini juga harus sejalan dengan kebijakan pemerintah pusat. Yang jadi masalah kalau rekrutmen untuk P3K dibuka secara luas, dan kompetitornya banyak jadi sulit,” tutur dia.

Nanang mengaku pihaknya melalui BKPSDM tengah menginput data honorer untuk masuk ke Aplikasi Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Baca artikel Bantenraya.co.id lainnya di Google News
 
1 2 3Laman berikutnya

Related Articles

Back to top button