BANTENRAYA.CO.ID – Inilah informasi seputar penasaran kenapa gerai Indomaret dan Alfamart yang berdekatan rupanya ini fakta di baliknya.
Setiap ingin berkunjung ke gerai Indomaret, biasanya Anda akan melihat gerai Alfamart yang berada di samping atau berdekatan, begitupun sebaliknya.
Seperti kita ketahui Kemunculan minimarket seperti Indomaret dan Alfamart dalam beberapa tahun terakhir semakin pesat di tengah kehidupan masyarakat yang semakin modern.
Lewat sistem waralaba, perusahaan Indomaret dan Alfamart semakin mudah membuka toko tanpa harus mengeluarkan biaya cukup besar.
Dan perusahaan Indomaret dan Alfamart sudah hampir sudut pedesaan dan perkotaan di Indonesia yang gampang anda temukan secara mudah karena perusahaan ini menjual keperluan masyarakat.
Penasaran dengan penasaran kenapa gerai Indomaret dan Alfamart yang berdekatan rupanya ini fakta di baliknya? Simak artikel ini sampai selesai.
Dikutip Bantenraya.co.id dari berbagai sumber, berikut ini adalah penasaran kenapa gerai Indomaret dan Alfamart yang berdekatan rupanya ini fakta di baliknya:
1. Ciptakan pasar lebih luas
Fenomena dimana ada Indomaret disitu ada Alfamart adalah sebuah strategi marketing.
Kedua gerai tentu bertujuan agar mereka mendapatkan pasar yang lebih luas dan menarik konsumen sebanyak-banyaknya.
Jadi, mereka akan memilih lokasi dengan konsep teori lokasi industri, yakni Hotelling Theory.
Hotelling Theory adalah teori yang menjelaskan dua persamaan jenis kegiatan ekonomi yang saling berdekatan dengan tujuan untuk menguasai pasar seluas-luasnya.
2. Lebih mudah memilih tempat usaha bagi investor
Jika di suatu tempat ada Indomaret maka pesaingnya Alfamart bisa langsung membuka usaha di dekatnya.
Karena untuk membuka suatu tempat usaha itu perlu survey dan biaya , dengan begitu biaya survey bisa dihilangkan oleh pesaingnya.
BACA JUGA: Link Download Asian Drag Champion Mod Apk Unlimited Money v1.06 Mod Combo, ApkPure Diburu!
3. Perbedaan promosi
Adanya perbedaan promosi di kedua mini market tesebut bisa menarik perhatian konsumen.
Kalau di Alfamart ada promo belanja dua gratis satu, di Indomaret belanja dengan promosi discount 50%.
Hal ini memang menjadi salah satu rumus membangun gerai baru di kalangan usaha rumus membangun gerai baru di kalangan usaha waralaba atau retail minimarket.
4. Membangun persepsi konsumen
Ketika konsumen datang ke salah satu minimarket, maka para karyawan akan bertugas untuk membangun persepsi positif kepada pelanggan agar datang kembali ke gerai mereka.
Masing-masing gerai Indomaret atau Alfamart akan menunjukkan keunggulannya tersendiri untuk memikat hati pelanggan.
5. Penggunaan strategi Five Forces
Kedua minimarket, Indomaret dan Alfamart, menggunakan strategi five forces atau pendekatan porter’s five forces, yakni metode untuk menganalisis serta mengidentifikasi kekuatan yang membentuk pola bisnis.
Lingkungan bisnis yang mempunyai tingkat kompetisi sangat tinggi antar perusahaan dan kompetitor.
Ketika sudah terjadi persaingan, perusahaan akan menciptakan inovasi baru agar produknya tidak kalah saing dari lawan bisnis
Itulah tadi penasaran kenapa gerai Indomaret dan Alfamart yang berdekatan rupanya ini fakta di baliknya.***