BANTENRAYA.CO.ID – Diisukan Tupperware bangkrut ternyata ada sosok emak-emak di balik kesuksesan Tupperware dalam memulai bisnis.
Sosok emak-emak yang kini galau karena diisukan Tupperware bangkrut ternyata mempunyai segudang sejarah dibaliknya Kesuksesan Tupperware.
Dibalik isu yang beredar di sosmed Tupperware Bangkrut ternyata ada sosok emak-emak di balik kesuksesanya
Dikutip Bantenraya.co.id dari kanal Youtube GA Story pada Kamis 13 april 2023 inilah kisah isnpiratif emak-emak dibalik kesuksesan Tupperware.
BACA JUGA :Isu Tupperware Terancam Bangkrut, Emak-emak Galau Berjamaah
Nama Tupperware diberi nama dari sang penemu Earls Sils Tupper atau Dikenal Mr. Tupper.
Dia seorang ahli kimia yang lahir pada tanggal 28 Juli 1907 di New Hampshire Amerika Serikat.
Singkat cerita pada tahun1938 Mr. Tupper memutuskan mendirikan sebuah usaha produk pelastik karena ia melihat adanya peluang besar,
Padahal di waktu itu plastik belum populer dan tidak ada satu orang pun yang tau manfaat dari barang Polyethilene atau bahan dasar pembuatan pelastik.
BACA JUGA :Diisukan Tupperware Bangkrut, Netizen Banjiri Komentar Dengan Kasih Guyonan Lucu
Karena bahan ini identik dengan kesan bau berminyak hitam dan sangat kaku.
Dengan berbagi eksperimen dia menemukan metode yang cocok untuk memurnikan bahan dasar plastik tersebut.
Sehingga menjadi plastik yang lebih fleksibel, kuat tidak berminyak, ringan dan tidak berbau.
Pasca perang dunia ke 2 tepatnya pada tahun 1949 Mr. Tupper ini merilis produk pertamanya yaitu sebuah wadah penyimpanan makanan yang terkenal dengan nama Wonder Bowl.
BACA JUGA :Viral! Tupperware Terancam Bangkrut 2023 Karena 3 Alasan Ini, Padahal Ide Bisnis Moncer Tahun Lalu
Wadah itu sangat unik waktu itu wadah nya itu kuat elastis, kedap air dan kedap udara, sehingga sangat cocok untuk menyimpan makanan dan minuman.
Ciri lain adanya produk Wonder Bowl adalah adanya Burping Seal atau tutupnya yang has yang ada buletan kecil di tengah.
Desain tersebut terinspirasi dari tutup kaleng cat kemudian di patenkan oleh Mr. Tupper pad tahun 1947.
Akhirnya Mr. Tupper mulai menjualkan produk tersebut dengan menitipkannya di Minimarket-Minimarket terdekat.
BACA JUGA :Ibu-Ibu Wajib Tahu! Begini Sejarah Hingga Macam-macam Tupperware, yang Kini Diisukan Bangkrut
Namun cara itu tidak berhasil Tupperware seakan pajangan kotor karena debu bahkan tidak laku sama sekali.
Mr. Tupper kebingungan padahal menurut dia produk tersebut sangat baik dan berguna banget untuk menyimpan makanan.
Kemudian kebingungan Mr. Tupper ini terjawab pada tahun 1949 sampai 1951 ketika Mr. Tupper bertemu dengan seorang emak-emak.
Emak-emak itu bernama Brownie Wise, kemudian Brownie Wise mengatakan kepda Mr. Tupper Bahwa cara marketing Mr. Tupper sangat kuno dan kurang menarik.
BACA JUGA :Tupperware Isu Tutup Usia, Emak Indonesia Jadi Galau Sebab Anak Kesayangan Emak itu jadi Langka
Kemudian Brownie Wise menawarkan produk secara langsung ke pelanggan supaya produknya laku.
Akhirnya semua produk yang di penuhi dengan debu tadi di berbagai Minimarket pun di ambil.
Lalu Brownie Wise datang ke sebuah pesta, tapi dia tidak merayakan pestanya melainkan menawarkan Tupperware tersebut.
Dia melakukan atraksi yang membuat takjub para tamu pesta, atraksi ini di awali mengisi penuh wadah Tupperware dan ditutup rapat.
Terus dia melempar Tupperware ke semua orang yang ada di pesta tersebut, karena kualitas Tupperware itu bagus jadi tidak ada pecah dan air yang keluar sama sekali.
Semua orang yang hadir pun bersorak dan memberi tepuk tangan takjub dengan apa yang mereka lihat, dengan kejadian itu informasi tentang tupperware meluas.
Mr. Tupper dan Brownie Wise sepakat membuat marketing yang berisi emak-emak rumah tangga untuk melakukan atraksi serupa di berbagai pesta.
Kemudian pesta itu pun diberi nama Tupperware Party, atas partisipasi Brownie Wise inilah emak-emak yang hanya diam di rumah bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari menjual Tupperware.
BACA JUGA :Isu Tupperware Terancam Bangkrut Karena Pengeluaran Terus Merosot Begini Reaksi Netizen
Perusahaan Mr. Tupper pun akhirnya kebanjiran orderan, dan Brownie ketika itu menjadi icon produk Tupperware.
Bahkan di tahun 1954 dia menjadi perempuan pertama yang menjadi sampul sebuah majalah.
Keberhasilan Brownie Wise ternyata tak berlangsung lama Mr. Tupper yang terkenal pemalu dengan media seakan kalah pamor dengan Brownie Wise.
Tanpa alasan yang begitu jelas Mr. Tupper yang kebanyakan jajaranya pekerjanya laki-laki memecat Brownie Wise pada tahun 1958.
BACA JUGA :Tupperware Diisukan Bangkrut Usai Saham Anjlok, Unggahan Terbaru Banjir Komentar dari Warganet
Pada tahun yang sama Mr. Tupper menjual perusahaan tersebut kepada Rexall Druc yaitu sebuah Perusahaan Farmasi senilai 16 dolar Amerika.
Setelah itu Tupperware terus berkembang, perusahan ini juga membuat Microwafe, Teflon, Pisau dan alat alat dapur lainya.
Merk Tupperware Menjadu primadona emak-emak karna terkenal sangat berkualitas.
Karna strategi marketing yang cerdik produk Tupperware ini sangat laris karena menawarkan garansi seumur hidup.
Selain itu produk Tupperware juga telah memiliki label aman untuk digunakan sebagai wadah penyimpan makanan.
Demikian lah kisah Inspiratif sosok emak-emak yang dikenal dengan Brownie Wise dibalik kesuksesan Tupeerware tersebut