TRANSFORMASI PARADIGMA PENDIDIKAN DI ERA DIGITAL REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DAN SOCIETY 5.0 SMA NEGERI 6 KOTA SERANG

Oleh: Rustomi Effendi

  • Kepala Sekolah, guru, orang tua dan pemerintah daerah merasa memiliki dan tanggunjawab terhadap pengelolaan Pendidikan di sekolah
  • (Dikutip dari Buku Saku Merdeka Belajar Prinsip dan Implementasi pada Jenjang Pendidikan SMA Direktorat SMA 2020)

    Upaya SMA Negeri 6 Kota Serang dalam percepatan peningkatan mutu Pendidikan dengan mempehatikan peraturan-peraturan yang berlaku baik sebagai regulasi dan/atau sebagai literatur, bentuk advokasi dalam penyusunan program pelayanan pendidikan, terutama dalam mempersiapkan generasi yang memiliki profil pelajar Pancasila yang hidup di era digital revolusi industry 4.0 dan society 5.0.

    Adapun program SMA Negeri 6 Kota Serang untuk mencapai tujuan di atas adalah program kerja sebagai budaya sekolah untuk menciptakan lingkungan belajar yang menghasilkan warga belajar berkarakter, Pendidikan ramah anak, dan menghasilkan generasi berwawasan global, mandiri, dan memiliki daya saing kuat yaitu :

    1. Sekolah Berbudaya dan Berkarakter

    Terciptanya lingkungan sekolah yang membentuk karakter warga sekolah yang memiliki pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari untuk menjaga keharmonisan hubungan siswa dengan siswa, siswa dengan seluruh guru dan tenaga kependidikan, memiliki rasa tanggung jawab Bersama dalam upaya menjaga dan pengelolaan lingkungan hidup yang tidak terpisahkan dengan kegitan Pendidikan.

    Jenis program yang dilakukan oleh sekolah :

    1. Membuat Rencana Induk Pengembangan Sekolah (RIPS)
    2. Program penataan lingkungan belajar dengan pemanfaatan lahan secara efektif dan ramah lingkungan
    3. Memiiliki program pembiasaan dalam pembentukan budaya dan karakter warga belajar yang menyangkut aspek religius, sosial/akhlah mulia, dan pola hidup bersih, rapih, dan sehat
    4. Baca artikel Bantenraya.co.id lainnya di Google News
       
      Laman sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7Laman berikutnya

    Related Articles

    Back to top button