Update Harga BBM Terbaru 1 April 2023, 3 Jenis Bahan Bakar Turun Nyaris Rp1.000 per Liter

Harga BBM terbaru
Update harga BBM terbaru PT Pertamina per 1 Juni 2023, ada sejumlah jenis bahan bakar yang menaglami penurunan harga. (Dokumentasi Bantenraya.co.id)

BANTENRAYA.CO.ID – Berikut adalah update harga BBM terbaru dari PT Pertamina per Sabtu 1 April 2023.

Secara tepatnya harga BBM terbaru PT Pertamina ini sudah mulai efektif berlaku hari ini dengan sejumlah jenis bahan bakar punya nilai yang baru.

Untuk mengetahui update harga BBM terbaru, simak artikel ini hingga tuntas karena akan memberikan rincian harga Pertalite hingga Dexlite terkini.

Bacaan Lainnya

BACA JUGA: Twibbon Hari Jadi Pandeglang 2023 yang ke-149, Cocok Dibagikan ke Instagram, WhatsApp dan Facebook

Update harga BBM terbrau memang selalu menjadi perhatian masyarakat karena biasanya akan berdampak pada harga-harga lainnya.

Misalnya, jika harga BBM mengalami kenaikkan maka hal itu akan membuat harga sembako juga ikut mengalami peningkatan.

Banyak penyedia jasa beralasan mereka mau tak mau meningkatkan harga dagangannya karena harga BBM yang memang naik.

Dengan harga BBM naik maka ongkos transportasi atau ongkos angkut barang menjadi lebih malah sehingga mereka terpaksa ikut menaikan harga dagangannya untuk menutupinya.

BACA JUGA: 7 Tips Menambah Subscriber YouTube Tanpa Aplikasi Tambahan, Lakukan Jika Ingin Monetisasi

Meski demikian, tak sedikit masyarakat yang membeli BBM non subsidi di Pertamina seperti Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite hingga Pertamina Dex.

Adapun BBM yang kini menjadi perhatian masyarakat Indonesia adalah yang dikeluarkan oleh PT Pertamina, salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Lantaran perusahaan milik pemerintah, PT Pertamina kini memiliki program BBM bersubsidi untuk jenis bahan bakar Pertalite.

Oleh karena itulah kini banyak masyarakat yang lebih memiliki SPBU PT Pertamina lantaran memiliki BBM bersubsidi yang pastinya harganya jauh lebih murah dibanding yang lain.

BACA JUGA: Jalur Tikus Mudik Lebaran 2023 untuk Menghindari Macet di Gerbang Tol Cikampek Utama

Harga BBM Terbaru per 1 April 2023

Dikutip Bantenraya.co.id dari Instagram @ber.kendara, berikut adalah rincian atau daftar harga BBM terbaru PT Pertamina per 1 April 2023.

Secara umum, ada 3 jenis BBM yaitu Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex mengalami penurunan harga per 1 April 2023.

Sedangkan harga Pertalite, Bio Solar dan Pertamax maish sama alias tidak mengalami perubahan, masing-masing di angka Rp 10.000, Rp 6.800 dan Rp 13.300 per liter.

BACA JUGA: Twibbon Hari Jadi Pandeglang 2023 yang ke-149, Cocok Dibagikan ke Instagram, WhatsApp dan Facebook

Sedangkan harga BBM untuk jenis Pertamax Turbo kini turun dari yang sebelumnya Rp 15.100 per liter menjadi Rp 15.000 per liter.

Selanjutnya Dexlite menjadi Rp 14.250 per liter dari sebelumnya Rp 14.950 per liter. kemudian Pertamina Dex juga per hari ini  turun dari Rp 15.850 per liter menjadi Rp 15.400 per liter.

“PT Pertamina (Persero) melakukan penyesuaian harga BBM Umum dalam rangka mengimplementasikan Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM No. 245.K/MG.01/MEM.M/2022,” terang Pertamina dalam situs resminya, Jumat 31 Maret 2023.

“Sebagai perubahan atas Kepmen No. 62 K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis BBM Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui SPBU,” imbuhnya.

BACA JUGA: TKW Arab Asal Serang Banten Minta Pulang sama Bupati Serang, Ini Ucapan Lengkapnya 

Rincian Harga BBM Terbaru per Jenis Bahan Bakar

Pertalite: Rp 10.000 per liter

Pertamax: Rp 13.300 per liter

Pertamax Turbo: Rp 15.000 per liter

Dexlite: Rp 14.250 per liter

Pertamina Dex: Rp 15.400 per liter

Itulah tadi update harga BBM terbaru PT Pertamina per Sabtu 1 April 2023 yang mengalami perubahan untuk berbagai jenis dari mulai Pertamax Turbo, Pertamina Dex dan Dexlite sebagai acuan Anda semua. ***

Pos terkait