Inilah Keutamaan Sholat Tarawih malam ke 10, Kalau Tahu Pasti Berat untuk Meninggalkannya: Rezeki Dunia dan Akhirat! 

IMG 20230401 150035
Keutamaan sholat tarawih malam ke 10.(Tangkapan layar instagram@grahaanaksholeh).

BANTENRAYA.COM- Inilah keutamaan sholat tarawih malam ke 10 bulan Ramadan 1444 H yang sudah di jelaskan Nabi Muhammad SAW.

Siapa saja yang tau keutamaan sholat tarawih malam ke 10, pasti akan berat untuk meninggalkannya.

Mengenai keutamaan sholat tarawih pada malam ke 10 adalah dikaruniai Allah rezeki yang baik halal di dunia dan akhirat.

Bacaan Lainnya

Baca: Teks Khutbah Jumat Tema Ramadhan 1444 H Singkat dan Terbaru: 3 Amalan Ramadhan Sesuai Sunnah Rasulullah SAW

Adapun hadits yang menjelaskan tentang keutamaan tarawih. Di antaranya hadits Nabi riwayat Imam al-Bukhari Muslim yang isinya sebagai berikut:

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya: “Barangsiapa ibadah (tarawih) di bulan Ramadhan seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa yang telah lampau” (HR al-Bukhari, Muslim, dan lainnya).

Keutamaan sholat tarawih memang berbeda di tiap malamnya seperti halnya keutamaan sholat tarawih malam ke 1 hingga ke 9, sholat Tarawih juga memiliki keutamaan di malam ke 10 ini.

Adapun hukum sholat tarawih di bulan ramadhan adalah Sunnah, hal tersebut dibenarkan oleh keempat madzhab dalam Islam.

Baca: Teks Kultum Ramadhan 2023 Bahasa Sunda tentang Hakekat dan Hikmah Puasa Romadon

Artinya mereka sepakat bahwa hukum sholat tarawih adalah sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan di bulan Ramadhan.

Sebelum membahas mengenai keutamaan tarawih malam ke 10, berikut ini adalah hadits yang membahas mengenai kesunnahan sholat tarawih.

Syekh Taqiyuddin al-Hishni dalam karyanya Kifayatul Akhyar menjelaskan tentang kesunnahan ibadah sholat tarawih sebagai berikut:

وَأما صَلَاة التَّرَاوِيح فَلَا شكّ فِي سنيتها وانعقد الْإِجْمَاع على ذَلِك قَالَه غير وَاحِد وَلَا عِبْرَة بشواذ الْأَقْوَال

Artinya: “Adapun shalat tarawih, tidak diragukan lagi di dalam kesunnahannya. Kesepakatan ulama telah menjadi kukuh di dalam kesunnahannya, yang demikian dikatakan tidak hanya satu orang. Tidak dianggap pendapat-pendapat yang menyimpang” (Syekh Taqiyuddin al-Hishni, Kifayah al-Akhyar, hal. 89).

Baca: Klaim! 19 Kode Voucher Promo Tokopedia Terbaru, 1-17 April 2023: Promo Ramadan Awal Bulan Cashback Hingga 20 Persen

Pada suatu waktu, Rasulullah SAW ditanya tentang Keutamaan sholat tarawih pada hari ke 1 hingga ke 30 oleh salah seorang sahabat nabi, seperti dilansir dari situs NU online.

Dari Sayyidina Ali RA. Beliau telah menanyakan kepada Rasulullah SAW tentang fadhilah Shalat Tarawih pada bulan Ramadhan.

Berkata Rasulullah SAW tentang fadhilah tarawih malam ke 10 adalah dikaruniai Allah rezeki yang baik (halal) untuk khasanah di dunia dan akhirat.

Dari penjelasan diatas Rasulullah SAW menjelaskan mengenai keutamaan sholat tarawih pada malam ke 10.

Baca: 14 Kode Voucher Promo Gojek, GoFood, GoRide, GoCar Hari Ini, Nikmati Diskon 35 Persen dan Gratis Ongkir Pesan Menu Makanan

Keutamaannya yaitu Allah akan mengaruniakan rezeki yang baik (halal) untuk di dunia dan akhirat.

Mempunyai rezeki yang halal dan bermanfaat tidak hanya di dunia tapi juga di akhirat tentu adalah impian kita semua.

Kita sebagai orang muslim tentu tidak ingin rezeki kita habis ketika kita berada di dunia saja tapi bisa kita bawa sampai ke akhirat kelak.

Baca: 5 Tips Jitu Khatam Alquran dan Hilangkan Rasa Mager untuk Membacanya Selama Ramadan

Allah maha pemberi rezeki kepada semua makhluknya, alangkah beruntung kita jika Allah berkenan memberi rezeki yang baik (halal).

Maka beruntunglah buat kaum muslim untuk sholat tarawih ke 10 dan beibadah di bulan Ramadhan, karena Allah akan senantiasa memberi rezeki halal dan baik.

Itulah keutaman sholat tarawih malam ke 10, dirangkum Bantenraya.co.id dikutip dari nu.or.id.***

 

Pos terkait