Amalan dan Doa Pembersih Seluruh Dosa yang Diajarkan Rasulullah SAW kepada Abu Bakar Arab, Latin dan Terjemahan

Bacaan doa pembersih seluruh dosa. (Pinterest/freepik.com)
Bacaan doa pembersih seluruh dosa. (Pinterest/freepik.com)

BANTENRAYA.CO.ID – Sebagai manusia, kita tak luput dari kesalahan dan dosa setiap harinya. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengamalkan amalan dan membaca doa pembersih seluruh dosa.

Seorang muslim dianjurkan untuk berdoa dalam setiap aktivitasnya. Hal tersebut bertujuan untuk selalu mengingat Allah SWT di setiap waktu.

Dosa-dosa kecil hingga besar yang kita lakukan setiap harinya hanya bisa diampuni oleh Allah SWT sebagai Tuhan Yang Maha Esa dan Kuasa.

Bacaan Lainnya

Kita sepatutnya berikhtiar dengan melakukan amalan yang disukai Allah SWT dan melatunkan doa pembersih seluruh dosa atau taubat.

BACA JUGA: Wajib Hafal, Ini Doa Memohon Keselamatan Agama, Rezeki, dan Rahmat Serta Ampunan, Bahasa Arab dan Terjemah

Beberapa amalan yang bisa dilakukan untuk memohon pertolongan Allah SWT agar dihapuskan dosa dan dihindari dari siksa kubur dan api neraka adalah sebagai berikut:

  1. Membaca kalimat istighfar, tahmid, tasbih, tahlil sebanyak-banyaknya;
  2. Menghindari maksiat dan hal-hal yang dilarang Islam;
  3. Dzikir setiap shalat;
  4. Memperbanyak membaca Al-Qur’an;
  5. Shalat tepat waktu;
  6. Melakukan kebaikan seperti sedekah, menyantuni anak yatim, faqir miskin dan yang membutuhkan;
  7. Sholat Taubat;
  8. Berbicara yang baik;
  9. Berbakti kepada orangtua;
  10. dan lainnya.

BACA JUGA: Doa Meminta Syafaat untuk Kedua Orang Tua, Wajib Hafal, Berikut Lengkap dengan Bahasa Arab dan Terjemahan

Abu Bakar pernah meminta doa penyempurna shalat kepada Rasulullah SAW. Beliau kemudian memberikan sebuah doa yang berisikan permohonan maaf dan penghapus dosa yang telah dikerjakan.

Berikut bacaan doa pembersih seluruh dosa yang diajarkan Rasulullah SAW kepada Abu Bakar:

اللَّهُمَّ إِنِّي ظَلَمْتُ نَفْسِي ظَلَمْتُ كَثِيْرًا وَلَا يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلَّا أَنْتَ فَاغْفِرْ لِي مَغْفِرَةً مِنْ عِنْدِكَ وَارْحَمْنِي إِنَّكَ أَنْتَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ

Allahumma inni dhalamtu nafsii dhulman katsiiraw wa laa yaghffirudh dhunuba illaa anta faghfir lii maghfiratan min ‘indika warhamnii innaka anta, fhaghfir lii maghfiratan min ‘indika warhamnii innaka anta al-ghafurur rahiim.

“Ya Allah, sungguh aku menzalimi diriku sendiri dengan kezaliman yang sangat dan tidak ada yang mampu memberikan pengampunan kecuali Engkau oleh karenanya ampunilah diriku dengan pengampunan dariMu dan rahmatilah aku, sungguh Engkau Maha Pengampun dan Maha Pengasih.”

Demikian amalan dan doa penghapus segala dosa yang bisa dibaca setelah sholat dibarengi dengan niat yang sungguh-sungguh memohon ampunan kepada Allah SWT.***

 

Pos terkait