Akses Jalan Rusak, Desa Wisata Kubang Baros Ditargetkan Masuk 5 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia

3 DESA KUBANG BAROS
Camat Cinangka Dhite Hendra Purnama memberikan pembinaan kepada warga Desa Kubang Baros yang masuk 75 besar ADWI 2023, Senin 3 April 2023. ( Rahmat Tanjung/bantenraya.co.id)

BANTENRAYA.CO.ID – Desa Wisata Kubang Baros, Kecamatan Cinangka ditargetkan masuk 5 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2023 ini kendati  akses jalan rusak.

Kubang Baros merupakan satu-satunya desa wisata yang masuk 75 besar dari total 26 desa wisata yang didaftarkan ke ADWI tahun 2023.

Namun akses jalan menuju desa wisata masih rusak dan akan segera diperbaiki oleh Pemewrintah Kabupaten Serang.

Bacaan Lainnya

BACA JUGA : Pengusaha Ceplis di Kabupaten Serang Panen Pesanan, Sudah Dapat Order 200 Kilogram Melinjo

Kepala Disporapar Kabupaten Serang Anas Dwi Satya Prasadyatelah menggelar rapat dengan organisasi perangkat daerah (OPD) untuk evaluasi aksi pertama terkait dengan persiapan penilaian Desa Wisata Kubang Baros yang akan dilaksanakan usai Idul Fitri.

“Kami melakukan evaluasi yang dipimpi Staf Ahlai Pak Rahmat Fitriadi untuk mensinergikan antara berbagai OPD dan kelompok masyarakat sehingga nanti apa yang kita harapkan, Desa Kubang Baros dapat meraih 5 besar. Itu target kita,” kata Anas, Senin (3/4).

Ia menjelaskan, untuk destinasi yang diunggulkan di Desa Wisata Kubang Baros terkait dengan ekonomi kreatif (ekraf) yang ada di desa tersebut salah satunya buah maja yang dibuat menjadi lampu hias dan bisa dijadikan jamu. Terus ada kreatifitas pembuatan bunga dari plastik yang sangat menarik,” katanya.

Adapun kondisi akses jalan menuju Desa Wisata Kubang Baros, Anas mengungkapkan, kondisinya saat ini masih rusak namun pihaknya sudah meminta kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) untuk membereskan jalan yang masih rusak tersebut.

“Dari jalan raya Anyer jaraknya kurang lebih 2 kilometer, terus lampu penerang juga belum mendukung,” tuturnya.

Anas menuturkan, akses jalan dan penerangan menjadi bagian yang nanti akan dinilai oleh tim dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

“Setelah dilakukan penilaian Pak Menteri (Sandiaga Salahuddin Uno-red) datang juga ke Kubang Baros. Makanya, kita siapkan dulu dengan sebaik-baiknya, mulai dari adat istiadat dan keseniananya kita tampilkan. Terus Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata)nya juga kita bina,” katanya.*

Caption

Camat Cinangka Dhite Hendra Purnama memberikan pembinaan kepada warga Desa Kubang Baros yang masuk 75 besar ADWI 2023, Senin 3 April 2023.

Pos terkait