112 Formasi CPNS Kota Serang Sepi Peminat

112 Formasi CPNS Kota Serang Sepi Peminat
TINJAU LOKASI: Pj Walikota Serang Nanang Saefudin meninjau pelaksanaan tes CPNS Kota Serang di Kampus UNBAJA, Kecamatan Curug, Kota Serang, Kamis (24 Oktober 2024).

BANTENRAYA.CO.ID – Sebanyak 112 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024 di Kota Serang sepi peminat.

Ratusan formasi CPNS kosong itu lantaran kualifikasinya tidak terpenuhi. Hal itu terungkap saat Pj Walikota Serang Nanang Saefudin monitoring tes

seleksi kompetensi dasar atau SKD CPNS di Unbaja, Kecamatan Curug, Kota Serang, Kamis (24 Oktober 2024).

Bacaan Lainnya

Kepala BKPSDM Kota Serang Karsono mengatakan, kuota CPNS Kota Serang tahun 2024 sebanyak 700 formasi. Dari 700 formasi, yang ikut tes SKD sebanyak 588 pendaftar.

Jeruk Peras di Pasar Rau Langka

“Sekitar 12 ribuan orang pendaftar dari 588 formasi,” ujar Karsono, kepada wartawan.

Ia menjelaskan, ratusan formasi CPNS yang kosong itu karena sepi peminat.

“Iya sebagai contoh kita buka formasi statis tisi ya, itu ternyata tidak ada yang daftar.

Setelah saya amati memang di Kota Serang tidak ada sarjana lulusan itu. Kalaupun ada mungkin mereka memilih yang di luar. Jadi di Kota Serang tidak mengambil,” jelas dia.

Honorer Lesu Daftar PPPK

Karsono menyebutkan, ratusan formasi CPNS yang kosong itu seperti formasi disabilitas, formasi lulusan hukum.

“Ada juga yang saya lihat yang disabilitas. Itu juga tidak terisi semua. Terus ada formasi yang memang tidak ada pendaftarnya.

Di lulusan hukum ada satu formasi memang tidak ada pendaftarnya. Iya itu bukan kita tutupi, karena mereka melihat di aplikasi mungkin tidak minat, sampai sekarang tidak ada,” sebutnya.

Ia menuturkan, 588 pendaftar CPNS didominasi dari Serang. Selain menggelar tes SKD di Kota Serang, ada juga peserta yang ikut tes di luar daerah Kota Serang.

Wahana Bermain di Stadion Maulana Yusuf Diduga Minim Perawatan

Meskipun ada juga akan tes di regional Bandung. Ada sekitar 50 orang, BKN regional Jogja juga ada tiga orang, di BKN regional Padang juga ada.

“Jadi memang pendaftar CPNS ini tidak dibatasi oleh orang tersebut di posisi itu, umum, bebas. Asalkan memenuhi kualifikasi silakan datang. Tapi kebanyakan dari Serang,” imbuh Karsono.

Untuk 112 formasi CPNS yang kosong tidak akan diganti dengan formasi yang lain, dan yang terisi 588 formasi. Karsono mengatakan, tes SKD diantaranya meliputi mata pelajaran matematika, dan PPKN.

“Kalau ini lulus, nanti SKB seleksi kompetensi bidang atau SKB. Itu nanti tesnya sesuai dengan mereka nanti melamar di mana.

Sampah Liar Numpuk di Jalur Wisata Banten Lama

Kalau sekarang kan masih umum. Tes CPNS rencana digelar hingga akhir bulan Oktober. Tesnya sampai 31 Oktober. Karena banyak pendaftarnya,” katanya.

Karsono menjelaskan, 588 peserta yang mengikuti tes SKD CPNS dibagi hingga empat sesi. “Sampai sesi lima. Ini baru sesi tiga. Masih sesi empat dan lima. Satu sesi sekitar satu jam 10 menit,” jelas Karsono.

Untuk pengumuman hasil tes CPNS formasi tahun 2024 diagendakan tahun depan.

“Pokoknya ini sampai Desember. Nanti SKB di bulan Desember. SKB di sini juga. Jadi pengumumannya di Januari,” katanya.

Nanang Saefudin Lantik Imam Rana Menjadi Pj Sekda Kota Serang

Pj Walikota Nanang Saefudin mengatakan, tes SKD CPNS formasi tahun 2024 berjalan lancar.

“Alhamdulillah tadi saya monitor dari mulai persiapan untuk testing adik-adik kita sudah siap semua.

Saya ucapkan semua kepada BKN, terutama BKN Bandung karena beliau yang mendanai ini semua. Kita hanya mensuport saja,” kata Nanang.

Ia meminta para peserta mengikuti tes SKD dengan penuh semangat, sehingga dapat melaksanakan setiap soal tes CPNS dengan lancar.

JB Cerdas Alihkan Dukungan ke Paslon Pemenang Andra-Dimyati, Targetkan Menang 60 Persen di Lebak

“Kepada peserta tetap semangat tetap percaya diri agar melakukan yang terbaik dalam rekrutmen CPNS formasi 2024,” katanya.

Nanang juga menegakan, kepada seluruh peserta agar tidak percaya apabila ada oknum yang menjanjikan kelulusan diterima sebagai CPNS tahun 2024.

“Saya sampaikan kepada peserta jangan percaya dengan mulut manis yang di luar, Pak Pj Walikota bisa meluluskan, Pak Sekda bisa meluluskan, Kepala BKPSDM bisa meluluskan, BKN bisa meluluskan.

No Way. Tidak bisa. Karena yang dapat meluluskan para peserta adalah ya adik-adik itu sendiri,” tegasnya.

Menang Banding! Pengadilan Tinggi Banten Putuskan Shandy Susanto Sah Ahli Waris Pemilik Hotel Dinasty

Untuk mengantisipasi peserta yang kelelahan, Pemkot Serang pun menyiagakan tim medis di lokasi tes SKD CPNS Unbaja Kota Serang.

“Tim medis sudah disiapkan khawatir peserta stres atau apa gitu, tapi RSUD Banten dekat, RSUD Kota juga dekat artinya berbagai sudah kita persiapkan dengan baik,” katanya. (harir)

Pos terkait