Wali Kota Cilegon Apresiasi PLN dalam Pengelolaan Sampah TPSA Bagendung saat Memperingati HUT Kota Cilegon

IMG 20230427 WA0022
Pemerintah Kota Cilegon mengapresiasi PLN saat HUT Kota Cilegon. (Dokumentasi PLN)

BANTENRAYA.CO.ID – Usaha PT PLN (Persero) dalam membantu Pemerintah Kota Cilegon untuk pengoperasian pabrik Bahan Bakar Jumputan Padat (BBJP) terbesar di Indonesia yang berlokasi di Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Bagendung, Cilegon, Banten, membuahkan hasil.

Sampah di Kota Cilegon yang awalnya tidak berguna setelah dikelola memberikan dampak yang besar terutama bagi peningkatan perekonomian. Usaha pemanfaatan sampah oleh PT PLN (Persero) di TPSA Bagendung mendapatkan apresiasi Wali Kota Cilegon.

Bertepatan dengan perayaan hari ulang tahun yang ke-24 Kota Cilegon yang diadakan di halaman Kantor Wali Kota Cilegon, Kamis, (27/4/2023) PLN mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Kota Cilegon dukungan dalam pengelolaan sampah Kota Cilegon di TPSA Bagendung untuk dijadikan Bahan Bakar Jumputan Padat (BBJP) sebagai pengganti bahan bakar batu bara (co-firing) di Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Surayala.

Bacaan Lainnya

BACA JUGA: Lebaran 2023 Konsumsi Listrik PLN Naik, Beban Puncak Kelistrikan di Daerah Mengalami Pertumbuhan 

Wali Kota Cilegon Helldy Agustian menyampaikan apresiasi atas kolaborasi PT PLN (Persero) dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon dalam pengelolaan sampah menjadi bahan bakar biomassa untuk listrik. Sinergi ini sejalan dengan komitmen Pemkot Cilegon untuk memanfaatkan sampah menjadi sesuatu yang berguna bagi masyarakat.

“Saya mengapresiasi PLN yang turut andil dalam meningkatkan perekonomian di Kota Cilegon. Melalui BBJP TPSA Bagendung, pengelolaan sampah terbukti berdampak besar tidak hanya bagi lingkungan tapi juga ekonomi Kota Cilegon karena dapat menyerap tenaga kerja loka,” ungkap Helldy.

Helldy berharap BBJP TPSA Bagendung bisa terus memaksimalkan dan menambah kapasitas produksinya sehingga permasalahan sampah nyata untuk diatasi.

BACA JUGA: Dirut PLN Darmawan Prasodjo Dianugerahi The Most Reputable CEO in Digital Platform karena Berhasil Jalankan Transformasi Digital

Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo menyampaikan terima kasih atas sinergi PLN dengan Pemkot Cilegon dalam pengelolaan sampah.

“Penghargaan ini menjadi semangat baru bagi PLN untuk terus menjalin kolaborasi dengan Pemkot Cilegon dan pemerintahan kota/ kabupaten lain dalam mengurangi sampah daerah dan membangun ekonomi kerakyatan sehingga memberi nilai tambah melalui penyerapan tenaga kerja lokal,” ungkap Darmawan.

Pada momen peringatan hari jadi ke-24 Kota Cilegon, PT PLN (Persero) yang diwakili General Manager PLN UID Banten Abdul Mukhlis menerima piagam apresiasi yang diserahkan langsung Walikota Cilegon Helldy Agustian dan disaksikan Pj Gubernur Banten Al Muktabar. ***

Pos terkait