Awal Ramadan Tak Serentak

Bantenraya.co.id– Pemerintah hingga saat ini belum menentukan awal puasa Ramadan 1445 Hijriyah atau 2024 Masehi.

Namun, penentuan awal puasa ramadan diprediksi akan berbeda antara Muhammadiyah dengan Nahdlatul Ulama (NU).

Ketua Pengurus Wilayah Muhammadiyah Provinsi Banten Syamsuddin mengatakan, sesuai dengan keputusan Pimpinan Pusat Muhammadiyah bahwa organisasi ini sudah menetapkan tanggal 1 Ramadhan tahun 2024.

Dia mengatakan, Pimpinan Pusat Muhammadiyah menetapkan 1 Ramadhan 1445 Hijriah pada 11 Maret 2024.

PLN Gandeng 5 Mitra, Makin Banyak Pebisnis Bangun SPKLU, Ekosistem Kendaraan Listrik Kian Kokoh

“Hal itu tertuang dalam Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1445 Hijriah,” kata Syamsuddin, Senin (26 Februari 2024).

Syamsuddin mengungkapkan, keputusan penetapan 1 Ramadan ini merupakan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Berdasarkan penghitungan, pada hari Minggu tanggal 10 Maret 2024 itu tinggi bulan pada saat mataharit terbenam di Yogyakarta hilal sudah wujud (ada). Karena itu, pada malam harinya sudah masuk 1 Ramadan.

Saat matahari terbenam di hari Minggu itu di wilayah Indonesia bulan berada di atas ufuk (hilal sudah wujud) kecuali di wilayah Maluku Utara, Papua, Papua Barat, dan Papua Barat Daya.

Beton Jalan Raya Pontang Kasemen Kota Serang Mengelupas

Di wilayah Indonesia maka tanggal 1 Ramadan 1445 Hijriah jatuh pada hari Senin pahing atau bertepatan dengan 11 Maret 2024 Masehi.

Selain menetapkan tanggal 1 Ramadhan 1445 Hijriah, kata Syamsuddin, Pimpinan Pusat Muhammadiyah juga menetapkan 1 Syawal 1445 Hijriah.

Baca artikel Bantenraya.co.id lainnya di Google News
 
1 2Laman berikutnya

Related Articles

Back to top button