BANTENRAYA.CO.ID – Salah satu pertanyaan terkait Rekrutmen Bersama BUMN 2023 oleh pelamar adalah kenapa belum mendapat email verifikasi setelah registrasi online.
Antusias masyarakat Indonesia terhadap pembukaan Rekrutmen Bersama BUMN 2023 sangat tinggi sehingga menimbulkan banyak pertanyaan terkait Rekrutmen Bersama BUMN 2023.
4 pertanyaan terkait Rekrutmen Bersama BUMN 2023 akan dijawab pada artikel di bawah ini.
Rekrutmen Bersama BUMN 2023 sudah dibuka kemarin Kamis, 11 Mei hingga 20 Mei 2023.
Bagi peserta yang sudah pernah membuat akun Rekrutmen Bersama BUMN, peserta tidak dapat memakai akun tersebut dan harus membuat akun baru serta verifikasi email kembali.
Email yang dipakai boleh sama dengan email yang pernah dipakai untuk membuat akun di laman Rekrutmen Bersama BUMN.
Untuk link pendaftaran sudah bisa diakses di laman https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id/.***
Pada Rekrutmen Bersama BUMN 2023 kali ini peserta hanya boleh memilih satu posisi saja, sehingga harus berhati-hati dalam memilih.
BACA JUGA: Rekrutmen Bersama BUMN 2023 Dibuka Hari INI, Begini Cara Membuat SKCK Online
Rekrutmen Bersama BUMN 2023 memiliki beberapa tahap yang harus dilewati calon peserta dari awal hingga pengumuman hasil akhir.
Tahapan-tahapan tersebut meliputi proses pendaftaran dan seleksi administrasi, tes TKD dan core values AKHLAK, tes Bahasa Inggris, tes Oleh BUMN, dan pengumuman final.
Tahap awal registrasi menjadi tahapan yang penting karena memengaruhi rangkaian tahapan tes berikutnya hingga akhir.
Berikut syarat yang harus dipersiapkan untuk registasi Rekrutmen Bersama BUMN yaitu data diri seperti KTP, dokumen pendidikan seperti ijazah dan transkip nilai, dokumen pendukung seperti SKCK, Sertifikat Kompetensi, Sertifikat Prestasi, Sertifikat Kemampuan Bahasa Inggris, Surat Rekomendasi dan lainnya.
Dokumen-dokumen yang disebutkan di atas harus asli, berlegalisir, scan atau foto dokumen tidak buram dan tidak terpotong.
Saat pengisian CV atau data diri di BUMN ada poin yang wajib diisi dengan bertanda bintang merah dan poin yang tidak wajib diisi tidak ditandai bintang merah.
Perlu diingat, kecurangan, kesalahan dan ketidakjujuran saat mengunggah dokumen persyaratan pada sistem adalah tindakan yang dapat menggugurkan peserta.
Berikut beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan ketika hari pertama registrasi online dilansir dari Instagram @fhci.bumn dan @kementrianbumn.
1. Kenapa belum mendapatkan email verifikasi?
Hal tersebut dikarenakan antrian panjang di email mengingat banyaknya pelamar pada RBB 2023. Selain itu bisa jadi ada kesalahan saat menulis email atau email yang didaftarkan berbeda sehingga tidak diterima.
Sebaiknya pelamar memastikan email yang didaftarkan benar dan tidak typo atau tidak salah dalam penulisan. Selalu cek inbox, promotion, spam, junk, dan all email.
Batas waktu pengiriman verifikasi adalah 1×24 jam, jika setelah itu belum ada maka pelamar harus mendaftarkan ulang dengan ID KTP dan email yang sama (tidak boleh beda) karena sistem akan mengirim verifikasi ke email yang didaftarkan.
2. Mengapa dapat notifikasi “tidak dapat melamar pada RBB 2023?”
Hal itu terjadi karena akun ditangguhkan sementara karena pernah lolos di RBB (dalam kurun waktu 2 tahun) atau akun diblacklist karena penah terbukti melakukan kecurangan.
3. Bagaimana jika sekolah/perguruan tinggi tidak terdaftar di website?
Mudah sekali, pelamar hanya perlu memilih opsi “Lainnya” lalu ketik nama sekolah/perguruan tinggi pelamar.
4. Pelamar tidak bisa menggunakan akun yang sudah pernah terdaftar pada RBB 2022
Peserta wajib membuat akun baru pada RBB 2023 ini.***