Trending

Masa Jabatan Al Muktabar Hanya 1 Tahun, Bisa Diperpanjang atau Diganti Orang Lain

SERANG, BANTEN RAYA- Masa jabatan Al Muktabar sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Banten dipastikan hanya berlangsung selama 1 tahun. Selanjutnya, posisi tersebut dapat diperpanjang oleh orang sama, atau bahkan dalam digantikan oleh orang lain.

Demikian disampaikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dalam acara pelantikan 5 Pj Gubernur di Ruang Sasana Bhakti, Gedung C lantai 3 Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kamis (12/5/2022).

Seperti diketahui, selain Sekda Banten Al Muktabar, ada 4 Pj Gubernur yang juga dilantik pada kesempatan itu. Mereka adalah Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Ridwan Djamaluddin (Dirjen Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM), Pj Gubernur Sulawesi Barat Akmal Malik (Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri), Pj Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer (Staf Ahli Bidang Budaya Sportivitas Kementerian Pemuda dan Olahraga), dan Pj Gubernur Papua Barat Komisaris Jenderal Polisi (Purn) Paulus Waterpauw (Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan BNPP Kementerian Dalam Negeri).

Tito Karnavian usai pelantikan mengatakan, salah satu amanat undang-undang menyebutkan pilkada dilaksanakan serempak di November 2024. Hal itu itu berdampak pada berakhirnya masa jabatan para gubernur hasil pemilihan 2017 yang berakhir di tahun 2022.

“Kebetulan pada waktu yang sama yaitu pada 12 Mei. Untuk itu, kekosongan diisi oleh penjabat, dan penjabat ini adalah pejabat pimpinan tinggi madya, eselon I,” ujarnya.

Mantan Kapolri itu menegaskan, adapun untuk masa jabatan Pj Gubernur telah diatur dalam undang-undang. Sesuai amanat undang-undang, jabatan Pj akan berlangsung atau dilaksanakan paling lama 1 tahun.

1 2 3Laman berikutnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button