Bacaan Doa Ketika Gerhana Matahari Hibrida Yang Terjadi Saat Ini 20 April 2023, Ibu Hamil Wajib Tahu!

Gerhana Matahari Hibrid 20 April 2023
Gerhana Matahari Hibrid 20 April 2023 (Pixabay/Goodfreephotos_com)

BANTENRAYA.CO.ID – Fenomena langka yang tengah terjadi pada saat ini yaitu gerhana matahari hibrida akan terjadi pada akhir bulan Ramadhan tepatnya pada Kamis, 20 April 2023 mendatang.

Sebagai bentuk mempercayai adanya tanda kebesaran Allah SWT, umat Islam bisa melakukan sholat gerhana matahari ketika datangnya fenomena itu.

Selain itu, membaca doa sholat gerhana matahari 20 April 2023 juga sangat dianjurkan bagi umat islam karena memiliki alasan tertentu.

Bacaan Lainnya

Gerhana matahari hibrida adalah sebuah peristiwa gerhana matahari total dan juga cincin yang terjadi secara dalam waktu berurutan dan dalam satu fenomena gerhana.

BACA JUGA: Teks Khutbah Idul Fitri 2023 Tema: Bersyukur Atas Nikmat Kemenangan Ramadhan Dan Keberhasilan Menunaikan Puasa

Gerhana matahari hibrida dapat dilihat di sejumlah wilayah di Indonesia, sementara berdasarkan pengamatan di daerah Biak dan juga Pulau Kisar kitabdapat melihat fenomena gerhana matahari ini secara total.

Bagi umat muslim fenomena ini bisa disambut dengan cara memlaksanakan ibadah sholat sunnah gerhana.

Bahkan, Allah SWT juga telah menganjurkan umatNya untuk beribadah dan menyembah hanya kepadaNya ketika terjafi fenomena gerhana.

Hal ini dilakukan tak lain sebagai wujud kita meyakini adanya tanda-tanda kebesaran yang Allah SWT ciptakan.

BACA JUGA: Klaim Sekarang! Kode Redeem FF Hari Ini 20 April 2023, Skin Gratis, Diamond dan Hadiah dari Garena

Pernyataan tersebut sesuai dengan firman Allah SWT dalam QS Fushilat ayat 37 yang artinya:

“Sebagian dari tanda-tanda (kebesaran)-Nya adalah malam, siang, matahari, dan juga bulan. Janganlah bersujud pada matahari dan jangan (pula) pada bulan. Bersujudlah kepada Allah SWT yang menciptakannya jika kamu hanya menyembah kepada-Nya,” (QS Fushilat: 37).

Rasulullah SAW, sangat menganjurkan umatnya untuk membaca doa ketika terjadi gerhana. Selain itu, juga sangat baik untuk kita berdzikir serta mengingat Allah SWT. Sebab gerhana matahari merupakan salah satu tanda-tabfa kebesaran Allah SWT.

Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam perna bersabda yang artinya:

BACA JUGA: Cegah Tawuran, RW 05 Lingkungan Domba Kota Serang Gelar Lomba Adzan dan MTQ

“Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda di antara tanda-tanda kekuasaan Allah. Gerhana ini tidak terjadi karena kematian seseorang atau lahirnya seseorang. Jika melihat hal tersebut maka berdo’alah kepada Allah, bertakbirlah, kerjakanlah shalat dan bersedekahlah.”(HR. Bukhari no. 1044)

Berikut ini adalah doa yang dianjurkan untuk dibaca saat terjadi gerhana matahari:

Subhanallah, walhamdulillah, wa laa ilaaha illallaahu Allahu Akbar.

Artinya: “Maha suci Allah. Segala puji bagi Allah. Tiada Tuhan, melainkan Allah. Allahlah Yang Maha Besar”.

BACA JUGA: GRATIS! Link Live Streaming dan Waktu Gerhana Matahari Hibrida Hari Ini 20 April 2023

Demikian tadi ulasan mengenai bacaan doa sholat gerhana matahari 20 April 2023 yang dianjurkan bagi umat Islam, semoga kita termasuk hamba yang beriman dan diberkahi Allah SWT.

Itulah doa ketika melihat gerhana matahari yang terjadi pada saat ini, doa ini baik di amalkan bagi ibu hamil juga.***

Pos terkait