Makanan Ibu Menyusui: Apa yang Harus Dikonsumsi dan Dihindari?

makanan ibu menyusui
Tampilan untuk makanan ibu menyusui yang harus dikonsumsi dan dihindari (Freepik)

BANTENRAYA.CO.ID – Artikel ini memuat informasi tentang makanan ibu menyusui, baik yang harus dikonsumsi dan dihindari.

Makanan yang sehat dan seimbang sangat penting bagi ibu menyusui, karena apa yang dimakan ibu akan memengaruhi kualitas dan kuantitas ASI (Air Susu Ibu) yang dihasilkan.

Sebagai ibu menyusui, ada beberapa jenis makanan yang harus dikonsumsi dan dihindari untuk memastikan bayi mendapatkan ASI yang berkualitas dan mencukupi.

Bacaan Lainnya

Tim Bantenraya.co.id telah mengutipnya dari berbagai sumber tentang makana ibu menyusui yang harus dikonsumsi dan dihindari, di bawah ini.

BACA JUGA: 6 Rekomendasi Hotel Terdekat Sidoarjo Menawarkan Fasilitas yang Bagus, Harga Terjangkau dan Dekat Objek Wisata Sidoarjo

Makanan Ibu Menyusui yang Harus Dikonsumsi

1. Protein

Ibu menyusui membutuhkan asupan protein yang cukup untuk membantu memproduksi ASI. Sumber protein yang sehat dan direkomendasikan meliputi daging tanpa lemak, ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan produk kedelai.

2. Sayuran hijau dan buah-buahan

Ibu menyusui perlu mengonsumsi sayuran hijau dan buah-buahan sebagai sumber vitamin, mineral, dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa jenis sayuran hijau yang sehat antara lain brokoli, bayam, kale, dan sawi. Buah-buahan seperti apel, pir, dan jeruk juga dapat menjadi pilihan yang baik.

BACA JUGA: MURAH POL! 10 Kode Voucher Lazada Terbaru Mei 2023, Cashback Hingga Rp75 Ribu dan Promo Menarik Lainnya Ada Disini

3. Karbohidrat kompleks

Makanan dengan karbohidrat kompleks adalah sumber energi yang baik untuk ibu menyusui, dan dapat ditemukan dalam roti gandum, nasi merah, dan pasta gandum utuh.

4. Air

Ibu menyusui harus memastikan diri mereka terhidrasi dengan cukup baik. Minumlah air putih yang cukup, minimal 8 gelas per hari, dan hindari minuman berkafein dan beralkohol.

BACA JUGA: Video Detik-detik Bus Wisata Warna Merah Hati Pembawa Peziarah Asal Tangsel Terguling Masuk Jurang di Kawasan Wisata Guci, 1 Penumpang Meninggal Dunia

Makanan Ibu Menyusui yang Harus Dihindari

1. Makanan dengan kandungan gula dan lemak yang tinggi

Ibu menyusui harus membatasi konsumsi makanan yang mengandung gula dan lemak tinggi. Konsumsi makanan yang mengandung gula dan lemak tinggi dapat membuat ibu kelebihan berat badan dan mempengaruhi kualitas ASI.

2. Kafein

Terlalu banyak kafein dalam diet ibu menyusui dapat mempengaruhi kualitas dan kuantitas ASI. Ibu menyusui sebaiknya membatasi konsumsi kafein, seperti kopi, teh, dan minuman berkafein lainnya.

BACA JUGA: Dunia Maya sedang Dihebohkan dengan Kisah Dokter Wayan yang Viral di TikTok: Tinggal di Rumah Mewah dengan Tumpukan Sampah

3. Alkohol

Alkohol dapat memasuki ASI dan berdampak negatif pada kesehatan bayi. Ibu menyusui harus menghindari alkohol sepenuhnya atau membatasi konsumsi alkohol sebanyak mungkin.

Makanan yang Menimbulkan Alergi: Beberapa jenis makanan, seperti kacang, kedelai, susu, dan gandum, dapat menyebabkan alergi pada bayi.

Jika bayi Anda memiliki riwayat alergi terhadap jenis makanan tertentu, sebaiknya hindari makanan tersebut atau berkonsultasi dengan dokter Anda.

BACA JUGA: Wajah Rizka Natakusumah di Make Up oleh Seorang Artist Profesional, dan Ternama Dikalangan Selebriti Top Tanah Air

Penting untuk dicatat bahwa setiap ibu menyusui memiliki kebutuhan makanan yang berbeda-beda.

Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang makanan ibu menyusui, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi terlebih dahulu.***

Pos terkait