Mitigasi El-Nino, Mentan Dijadwalkan Akan Tanam Padi di Pandeglang

Gertam padi
Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Ketahanan Pangan Pandeglang mengecek lokasi sawah yang akan dijadikan lokasi gertam padi oleh Kementan, Senin 17 Juli 2023. (yanadi/bantenraya.co.id)

BANTENRAYA.CO.ID – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo akan melakukan tanam padi di Kabupaten Pandeglang, pada Selasa 18 Juli 2023. Kegiatan tanam padi dilakukan salah satu upaya mitigasi Kementerian Pertanian (Kementan) dalam menghadapi ancaman dampak bencana El-Nino.

“Iya, rencananya besok pak Mentan akan melakukan gertam (gerakan tanam) padi di wilayah Kecamatan Cimanuk atau Kecamatan Sobang,” kata Nuridawati, Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura pada Dinas Pertanian Ketahanan Pangan Kabupaten Pandeglang, Senin 17 Juli 2023.

Nuridawati mengatakan, kehadiran Mentan pada kegiatan gertam belum dapat dipastikan, karena khawatir ada kegiatan lain. Namun saat ini, kata dia, pemerintah daerah sudah melakukan persiapan lokasi gertam tersebut.

Bacaan Lainnya

BACA JUGA : TNI Bangun Jalan di Pelosok Desa Kecamatan Patia Pandeglang

“Untuk gertam pak Mentan rencananya besok, itupun kalau tidak berubah. Sekarang kami lagi cek lokasi yang akan digunakan gertam,” ujarnya.

Nuridawati menjelaskan, gertam tersebut merupakan salah satu upaya mitigasi dari Kementan dalam menghadapi El-Nino. Sehingga Kementan terus turun ke lapangan bersama pemerintah daerah menggerakkan para petani untuk tetap berproduksi, meski adanya dampak El-Nino.

“Bulan Juli sampai Agustus tahun ini kan diprediksi akan terjadinya El-Nino. Dengan adanya El-Nino, maka para petani di Kabupaten Pandeglang masih bisa tanam padi, dan panen padi dengan maksimal,” jelasnya.

BACA JUGA : Selidiki Kematian Pelaku TPPO di Tahanan, Anggota Polres Pandeglang Diperiksa Propam Polda Banten

Pihaknya memastikan, para petani di Kabupaten Pandeglang akan terus meningkatkan produksi padi. Sebab, Kabupaten Pandeglang salah satu daerah sebagai lumbung padi di Provinsi Banten.

“Semoga dampak El-Nino tidak berpengaruh ke penurunan produktivitas padi di Pandeglang. Dan kami harap petani, dan penyuluh untuk tanam padi dalam rangka mendukung peningkatan produktivitas padi,” harapnya. ***

Pos terkait