BALIKPAPAN, DISKOMINFO – Gipang dan ceplis, makanan khas Kota Cilegon menjadi primadona para pengunjung Indonesia City Expo 2024 yang digelar di Area Dome Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC), di Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa 4 Juni 2024.
Gipang dan Ceplis Khas Cilegon Jadi Primadona Acara Indonesia City Expo 2024 di Balikpapan
Dua makanan khas Kota Cilegon yang dipamerkan di Indonesia City Expo 2024 dalam rangkaian Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia atau Apeksi 2024 itu jadi oleh-oleh makanan yang enak dibawa.
Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinkop-UKM) Kota Cilegon, Didin S Maulana mengatakan, jajanan gipang dan ceplis yang merupakan produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) asal Kota Cilegon yang dipajang di Indonesia City Expo 2024 sudah diserbu masyarakat sebelum pameran resmi dibuka.
“Stand kami sudah banyak dikunjungi dan sudah ada yang membeli produk UMKM Kota Cilegon dari sebelum pembukaan tadi. Sudah cukup ramai yang datang,” kata Didin sebagaimana dirilis Diskominfo Kota Cilegon, Selasa 4 Juni 2024.
Bahkan, tambah Didin, tim Dinkop-UKM Kota Cilegon telah 3 kali mengambil stock persediaan produk yang disimpan dihotel tempa menginap.
“Tim kami sudah bolak balik ke hotel untuk ambil produk UMKM Kota Cilegon karena stock di sini sudah habis. Ini sudah stock kami yang ke 4, Alhamdulillah laris,” tambahnya.
Menurut Didin, produk yang dipajang di stand milik Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon menjadi primadona para pengunjung.
”Kami membawa sekitar 40 jenis produk yang dipamerkan, mulai dari makanan sampai fashion tersedia, dan yang menjadi primadona ada gipang dan ceplis yang stocknya kita perbaharui terus karena laris,” tuturnya.
Dalam hal ini, Didin berharap, pada momen serupa kedepan dapat membawa pelaku UMKM secara langsung.
“Kami berharap kedepannya jika ada lagi kegiatan seperti ini, kami ingin turut membawa pelaku UMKM secara langsung untuk mengenalkan produknya secara detail, dan supaya pelaku UMKM di Kota Cilegon juga dapat merasakan atmosfer memasarkan produknya di sebuah pameran besar. Bukan hanya produknya saja yang berangkat tapi juga pelakunya,” harapnya. (ADV)