Trending

2023, Bantuan Parpol Naik 30 Persen

SERANG, BANTEN RAYA- Dana bantuan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten untuk partai politik (parpol) pada tahun 2023 naik sebesar 30 persen dari tahun 2022. Sebelumnya, besaran dana bantuan parpol sebesar Rp3.500 per suara, dan akan naik tahun 2023 menjadi Rp5.000 per suara.

Kepala Kesbangpol Provinsi Banten Ade Ariyanto mengungkapkan, kenaikan dana bantuan parpol yang ada di DPRD Provinsi Banten merupakan aspirasi dari partai politik yang ada di parlemen.

Ade mengungkapkan, besaran kenaikan dana bantuan parpol dari yang sebelumnya Rp3.500 per suara menjadi Rp5.000 per suara. Total anggaran yang disiapkan untuk alokasi bantuan parpol pada tahun 2023 sebesar Rp27 miliar. Dana tersebut akan diberikan untuk 12 parpol yang mendapat kursi DPRD Provinsi Banten.

Adapun 12 parpol yang akan mendapatkan dana bantuan parpol tersebut adalah Gerindra, PDIP, Golkar, PKS, Demokrat, PKB, PPP, PAN, Nasdem, Berkarya, PSI, dan Hanura.
“Sebelumnya untuk tahun 2022 itu nilainya Rp19 miliar lebih,” katanya.

Ade mengungkapkan, parpol bisa mengajukan pencairan dana bantuan parpol bila laporan penggunaan dana parpol di tahun sebelumnya sudah diaudit oleh BPK RI. Pengajuan pencairan dana bantuan parpol biasanya baru bisa dilakukan pada triwulan kedua tahun berjalan.

Dia mengklaim, selama ini secara garis besar pertanggungjawaban dana bantuan parpol sudah sesuai dengan ketentuan. Adapun kendala yang dialami selama proses pelaporan biasanya disebabkan karena adanya pergantian pengurus di parpol tersebut.

Baca artikel Bantenraya.co.id lainnya di Google News
 
1 2 3Laman berikutnya

Related Articles

Back to top button