Sinopsis Film Kupu-kupu Kertas, Kisah Cinta Ditengah Tragedi Berdarah

FotoJet 4
Kedekatan Ikhsan dan Ning di film Kupu-kupu Kertas. (Instagram @maximapictures)

BANTENRAYA.CO.ID – Sinopsis film Kupu-kupu Kertas tersaji pada artikel ini. Kisah cinta sepasang muda-mudi terikat oleh pilihan yang sulit.

Film Kupu-kupu Kertas cukup hangat dibicarakan di media sosial, terkait sinopsis, sejarah maupun pemain yang terlibat di dalamnya.

Film ini diproduksi oleh Denny Siregar Production dan Maxima Pictures serta disutradarai oleh Emil Heradi.

Bacaan Lainnya

Kerasnya perbedaan latar belakang antara dua keluarga akan menjadi alur pokok pada film ini. Dan inilah sinopsis film Kupu-kupu Kertas.

Sinopsis

Berlatar di Banyuwangi pada 1965, kisah cinta antara anak dari keluarga kalangan Nahdlatul Ulama (NU) dengan anak keluarga simpatisan Partai Komunis Indonesia (PKI) berbuntut pilu.

Ning (Amanda Manopo), seorang anak dari keluarga simpatisan PKI memiliki kedekatan dengan Ikhsan (Chicco Kurniawan). Ikhsan sendiri berasal dari keluarga beragama yang notabene berpaham NU.

Kedekatan antara Ning dengan Ikhsan awalnya berjalan mulus karena keduanya tak menghiraukan latar belakang masing-masing keluarga.

Namun seiring waktu, dengan tumpahnya kejadian Gerakan 30 September PKI (G30S PKI) tahun 1965 yang menewaskan banyak jenderal di Jakarta menjadikan pemerintah memutuskan untuk membubarkan partai komunis itu.

Inilah yang merembet ke berbagai daerah tak terkecual di Banyuwangi, banyak simpatisan PKI yang memberontak dan saling serang terhadap pemerintah.

Di zaman itu, selain pemerintah yang mendapat pemberontakan, PKI juga turut menargetkan gerakan pemberontakannya itu kepada ulama terlebih berhaluan NU.

Keluarga Ikhsan yang tidak sejalur dengan orang-orang simpatisan PKI menjadi salah satu target pembantaian yang dilakukan partai berlogo palu arit tersebut.

Singkatnya Ikhan dihadapkan oleh kebimbangan, antara balas dendam atau menyelamatkan nyawa Ning karena pada waktu itu Ning turut ditangkap oleh aparat.

Pemeran, Hal Menarik dan Jadwal Penayangan

Selain Amanda Manopo dan Chicco Kurniawan, terdapat banyak artis yang turut menyukseskan film ini.

Ada Fajar Nugra, Reza Arap, Iwa K, Ayu Laksmi, Seroja Hafiedz dan lain-lain.

Dibalik ramainya pembicaraan alur cerita film ini, tersisip hal menarik diantara para pemain yang berperan.

Seperti Amanda Manopo, aktris muda nan cantik itu menjadikan para penggemar penasaran atas film yang dibintanginya itu.

Sebab, diketahui Amanda Manopo sudah dua tahun berlalu tak menghiasi sinema layar lebar.

Berikutnya ialah Reza Arap, sejumlah sumber menyebutkan bahwa Reza Arap baru pertama kali menginjakan akting untuk film layar lebar.

Reza Arap akan memerankan karakter antagonis bernama Muso yang sejalan dengan tokoh yang diperankan oleh Iwa K di dalam dunia kejam PKI.

Itulah informasi mengenai sinopsis film Kupu-kupu Kertas dan para artis yang berperan. Untuk film ini direncanakan akan tayang pada Desember 2023 mendatang. ***

Pos terkait