Tips Mudik Lebaran Idul Fitri 2023 Aman Lancar Sampai Tujuan

mudik Instagram @86newsroom
Tips mudik lebaran Idul Fitri 2023 aman dan lancar. (Instagram @86newsroom)

BANTENRAYA.CO.ID – Simak penjelasan mengenai tips mudik lebaran Idul Fitri 2023 dalam artikel ini.

Tips mudik lebaran Idul Fitri 2023 berikut mudah dilakukan dan tentunya tidak membutuhkan modal yang sampai merogoh kantong celana dalam-dalam.

Bagi sobat Baraya yang ingin pulang kampung halaman setelah merantau sekian lama, tak ada salahnya mencoba tips mudik lebaran Idul Fitri 2023 sebagai berikut.

Bacaan Lainnya

BACA JUGA: Spoiler Preman Pensiun 8 Episode 20: Taslim Cs Belum Bisa Tidur Nyenyak, Bang Edi Kerahkan Semua Pasukan

1. Persiapkan biaya dan kesehatan

Ini merupakan salah satu poin yang penting untuk dimiliki. Sebab perjalanan jauh pasti membutuhkan biaya yang mahal dan yang paling kesehatan badan sebelum berangkat harus benar-benar fit.

2. Barang bawaan

Orang mudik biasanya membawa barang bawaan, baik itu oleh-oleh maupun perlengkapan pribadi. Sangat disarankan bagi pemudik untuk membawa barang kebutuhan yang diperlukan saja, jangan berlebih karena demi kenyamanan saat berkendara apalagi yang menggunakan sepeda motor.

BACA JUGA: Pertandingan Sepakbola Tarkam di Jember Ricuh, Para Pemain Diamuk Suporter Hingga Lari ke Sawah Warga

3. Rumah atau kostan yang ditinggal

Carilah orang kepercayaan mengenai rumah atau kostan atau juga kontrakan yang akan ditinggal. Biasanya bisa dititipkan ke pemilik kontrakan atau kost-kostan, ini bertujuan untuk menjaga atau mengamati tempat tinggal yang dikosongkan cukup lama karena mudik agar memastikan barang-barang yang di dalamnya tetap aman.

4. Pesan tiket jauh-jauh hari.

Tips nomor empat ini diperuntukan bagi mereka yang menggunakan kendaraan umum seperti bus, kereta, pesawat maupun kapal. Sebab dengan begitu, pemudik bisa mempersiapkan segala seseuatunya sebelum keberangakatan tiba.

BACA JUGA: Katalog Promo Superindo 10-13 April 2023: Minyak Goreng dan Daging Murah Cuma Belasan Ribu

5. Periksa kendaraan

Berbeda dengan nomor empat, di mana tips yang satu ini diperuntukan bagi mereka yang mudik menggunakan kendaraan pribadi baik sepeda motor maupun mobil.

Periksa kesehatan kendaraan, alangkah baiknya sebelum mudik sudah diservis berkala atau minimal ganti pelumas.

6. Berdoa

Ini sangat penting setelah persiapan semuanya di rasa cukup, lalu ketika hendak berberangkat sebaiknya berdua terlebih dulu minta perlindungan kepada tuhan yang maha esa agar selamat sampai tujuan

BACA JUGA: 5 Hotel Murah Daerah Borobudur Magelang, Nomor 4 Paling Murah Tapi Kualitas Tak Kalah Wah

7. Paham akan jalur yang dilalui

Poin ini untuk mereka yang menggunakan sepeda motor atau mobil pribadi.

Seorang pemudik maka harus tahu juga jalur mana yang akan dilewati dan sangat di sarankan bagi yang belum pernah mudik seorang diri untuk bisa mengajak teman yang sudah terbiasa melewati jalur yang akan dilalui.

8. Menepi istirahat

Bagi pemudik yang mengendarai kendaraan sendiri, jangan lupa untuk beristirahat di perjalanan. Jangan memaksakan diri untuk lanjut, karena badan butuh istirahat sekaligus mendinginkan mesin kendaraan.

BACA JUGA: Qori Cilik Zamzam Ardabili dan Hafizh Cilik Muhammad Faris Dhiaulhaq Motivasi Anak-anak Taman Banten Lestari Kota Serang

9. Berangkat santai

Jangan terbaru-buru ketika di jalan ketika mengendarai mobil atau sepeda motor, sebab ada keluarga yang selalu menunggu kedatangan di rumah.

Demikian informasi ini semoga bisa bermanfaat. ***

Pos terkait