Lebaran Tiba! Bacaan Gemah Takbir Idul Fitri Versi Panjang Hingga Pendek

Gemah takbir lebaran Idul Fitri
Gemah takbir lebaran Idul Fitri (Shutterstock)

BANTENRAYA.CO.ID – Berikut ini bacaan gemah takbir Idul Fitri Versi panjang hingga pendak.

Seperti biasa seluruh umat muslim akan merayakan Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriah dengan cara melantukan bacaan gumandang gemah takbir.

Sehingga gemah bacaan gumandang takbir Idul Fitri semakin seru dan semangat.

Bacaan Lainnya

BACA JUGA : Dijamin Ampuh! Kode Voucher Shopee Hari Ini 18 April 2023, Beli Gadjet Lebaran dapat Cashback Hingga 50 Ribu

Namun disisi  lain bacaan gemah takbir ini terbagi menjadi dua versi takbir , yakni takbir mursal dan takbir muqayyad.

Lantas bagaimana cara menbaca bacaan gemah takbir yang dibagi menjadi dua ini?

Nah untuk bacaan kedua versi ini  kalian bisa membacanya di bawah ini yang telah di rangkum Bantenraya.co.id dari berbagai sumber.

BACA JUGA : Harga Tiket dan Jadwal Tayang Film Buya Hamka di Bioskop Tangerang, Ada Vino G Bastian Laudya Cynthia Bella

Versi Takbir mursal

Takbir satu ini merupakan takbir yang kalian bisa gumandangankan  pada saat waktu shalat sehingga dianjurkan sepanjang malam. Takbir mursal ini meliputi takbir Idul Fitri dan Idul Adha.

Takbir ini dikumandangkan dari matahari terbenam hingga imam melaksanakan takbiratul ihram saat shalat Ied.

Versi takbir muqayyad

Takbir kedua ini kalian bisa bacaa sesuai  pelaksanaannya terbatas pada waktu seperti takbir dalam shalat lima waktu, maupun shalat sunnah.

BACA JUGA : Damkar Kota Cilegon Berhasil Tangani 80 Kebakaran dalam Setahun

Takbir muqayyad juga termasuk takbir saat shalat subuh pada tanggal 9 Dzulhijjah atau hari Arafah sampai ashar di akhir hari tasyrik, 11, 12, dan 13 Dzulhijjah.

Bacaan takbiran Idul Fitri disunnahkan dibaca saat berada di rumah maupun di masjid hingga pelaksanaan shalat Ied dilakukan.

Berikut adalah bacaan takbiran Idulfitri yang dapat dilakukan oleh setiap muslim dalam menyambut hari kemenangan ini.

BACA JUGA : Prediksi Liga Champions: Napoli Berhasrat Melaju 8 Besar, AC Milan Jadi Target Victor Osimhen di Kandang!

اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ لَا إلٰهَ إِلَّا اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ وَلِلّٰهِ الْحَمْدُ

Allāhu akbar, Allāhu akbar, Allāhu akbar. Lā ilāha illallāhu wallāhu akbar. Allāhu akbar wa lillāhil hamdu.

Artinya, “Allah maha besar, Allah maha besar, Allah maha besar. Tiada tuhan selain Allah. Allah maha besar. Segala puji bagi-Nya.”

Selain itu, dapat juga melafalkan dzikir takbir yang dilakukan Rasulullah SAW saat di Bukit Shafa.

BACA JUGA : Hotel Murah di Pusat Kota Bekasi, Plus Kolam Renang dengan Harga Dibawah Rp200 Ribu Per Malam

اللهُ أَكْبَرُ كَبِيْرًا وَالحَمْدُ لِلّٰهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ الِلّٰهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلًا لَا إلٰهَ إِلَّا اللهُ وَلَا نَعْبُدُ إِلَّا إِيَّاهُ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ وَلَوْ كَرِهَ الكَافِرُوْنَ لَا إلٰهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ صَدَقَ وَعْدَهُ وَنَصَرَ عَبْدَهُ وَهَزَمَ الاَحْزَابَ وَحْدَهُ لَا إلٰهَ إِلَّا اللهُ وَاللهُ اَكْبَرُ

Allāhu akbar kabīrā, walhamdu lillāhi katsīrā, wa subhānallāhi bukratan wa ashīlā, lā ilāha illallāhu wa lā na‘budu illā iyyāhu mukhlishīna lahud dīna wa law karihal kāfirūn, lā ilāha illallāhu wahdah, shadaqa wa‘dah, wa nashara ‘abdah, wa hazamal ahzāba wahdah, lā ilāha illallāhu wallāhu akbar.

BACA JUGA : Prediksi Liga Champions: Napoli Berhasrat Melaju 8 Besar, AC Milan Jadi Target Victor Osimhen di Kandang!

Artinya, “Allah maha besar. Segala puji yang banyak bagi Allah. Maha suci Allah pagi dan sore. Tiada tuhan selain Allah. Kami tidak menyembah kecuali kepada-Nya, memurnikan bagi-Nya sebuah agama meski orang kafir tidak menyukainya.

Tiada tuhan selain Allah yang esa, yang menepati janji-Nya, membela hamba-Nya, dan sendiri memorak-porandakan pasukan musuh. Tiada tuhan selain Allah. Allah maha besar.”

Demikian bacaa gemah takbir Idul  Fitri  yang bisa kalian baca dengan semangat dengan penuh rasa syukur, semoga bermanfaat,***

Pos terkait