FK KIM Kota Serang Diminta Tangkal Hoax

FK KIM diharapkan dapat menangkal berkembangnya informasi hoax yang beredar di tengah masyarakat. Informasi hoax dapat berpotensi memecah-belah masyarakat.
Asda III Kota Serang membacakan naskah saat melantik dan mengukuhkan FK KIM masa bhakti 2023-2026 di Teras Meeting Unbaja, Kota Serang, Kamis 25 Mei 2023. (Harir Baldan/Bantenraya.co.id)

BANTENRAYA.CO.ID – Forum Kelompok Komunikasi Informasi Masyarakat (FK KIM) diminta dapat menangkal berkembangnya informasi hoax (palsu/bohong) yang beredar di tengah masyarakat.

Informasi hoax dapat berpotensi memecah-belah masyarakat, bahkan mengancam persatuan bangsa.

Perihal menangkal informasi hoax ini disampaikan Asisten Daerah (Asda) III Kota Serang Kusna Ramdani, saat membuka acara pelantikan dan Pengukuhan FK KIM Kota Serang masa bhakti 2023-2026, di Teras Meeting Unbaja, Kota Serang, Kamis 25 Mei 2023.

Bacaan Lainnya

BACA JUGA:FK KIM Kota Serang 2023-2026 Dilantik Asda III Kota Serang, Simak Peran dan Fungsinya

FK KIM Kota Serang masa bakti 2023-2026 dilantik dan dikukuhkan oleh Asda III Kota Serang Kusna Ramdani.

FK KIM dilantik dan dikukuhkan berdasarkan keputusan Walikota Serang Nomor: 487/Kep.84-Huk/2023.

Kusna Ramdani mengatakan, FK KIM diharapkan dapat menangkal hoax yang beredar di tengah masyarakat.

BACA JUGA:Pemkot Serang Serahkan Hasil Pembangunan Landscape Tahap 1 Masjid Agung Ats Tsauroh ke Yayasan Masjid Agung Ats Tsauroh

Informasi hoax, kata Kusna Ramdani, sangat membahayakan masyarakat bila sebuah informasi ditelan mentah-mentah, tanpa diketahui kebenarannya.

Diharapkan peran dan fungsi FK KIM Kota Serang dapat menyampaikan informasi yang benar kepada masyarakat.

“Kadang masyarakat lapisan bawah itu kan tidak menyaring informasi. Hoax ini kan berbahaya. Jadi dengan adanya KIM ini, salah satunya bisa menyampaikan informasi yang positif, yang baik, yang benar yang sesuai dengan kenyataan yang sebenarnya,” ujar Kusna Ramdani, dalam sambutannya.

BACA JUGA:Tiga Aset Tanah Pemkot Serang Digugat Ahli Waris

Kusna Ramdani menjelaskan, peran dan fungsi FK KIM untuk menyampaikan informasi program dan hasil pembangunan Kota Serang kepada masyarakat.

Selain itu, FK KIM juga dapat menyampaikan informasi atau aspirasi masyarakat kepada Pemerintah Kota Serang.

“FK KIM bisa menyampaikan informasi-informasi pembangunan, bisa berkolaborasi dengan pemerintah daerah, sehingga masyarakat di lapisan bawah pun informasi itu bisa sampai,” ucap dia.

BACA JUGA:Walikota Syafrudin Lepas Jemaah Haji Kota Serang Kloter Pertama

Kusna Ramdani menerangkan, jenis informasi yang disampaikan FK KIM kepada masyarakat, salah satunya perihal program dan hasil pembangunan Pemkot Serang.

“Kalau KIM ini dibentuk dari dan oleh masyarakat untuk masyarakat, jadi di masyarakat sendiri kalau ada potensi di daerahnya bisa diinformasikan kepada pemerintah daerah,” terangnya.

Kepala Diskominfo Kota Serang Arif Rahman Hakim menjelaskan, pelantikan FK KIM berdasarkan SK Walikota Serang, karena FK KIM Tingkat Kota Serang.

BACA JUGA:Pemkot Serang Serahterimakan Revitalisasi Tahap I Masjid Agung Ats-Tsauroh

“SKnya diterbitkan oleh Pak Wali, karena ini tingkat kota,” kata Arif Rahman Hakim.

Arif Rahman Hakim menjelaskan, FK KIM memiliki peran dan fungsi dalam menyebarkan informasi program dan pembangunan Kota Serang, dan informasi masyarakat, untuk masyarakat.

“Peran fungsi KIM ini kelompok informasi masyarakat pewarta atau penyebar luasan informasi kepada masyarakat. KIM ini kan tumbuh dari masyarakat,” jelas dia.

BACA JUGA:FSPP Minta Pemkot Serang ‘Aje Kendor’ Berantas Penyakit Masyarakat

“Tugas fungsi perannya menyebarluaskan informasi-informasi pembangunan, kebijakan, dan juga pemberdayaan masyarakat,” imbuhnya.

Arif Rahman Hakim menyebutkan, anggota pengurus FK KIM Kota Serang kurang lebih 35 orang.

“Jadi masing-masing dari KIM ini ada perwakilannya. Ini tersebar di seluruh Kota Serang ada 35 kelompok informasi masyarakat yang paling banyak di Walantaka,” sebut Arif Rahman Hakim.

BACA JUGA:Raih Medali Emas Weightlifting SEA Games Kamboja, Rizki Juniansyah Disambut Bak Pahlawan oleh Warga Komplek RSS Pemda Kota Serang

Arif Rahman Hakim menerangkan, anggota FK KIM terbanyak berada di Kecamatan Walantaka.

“Karena memang di sana lebih banyak penggiat-penggiatnya seperti pemberdayaan masyarakat, penggiat lingkungan. Sekitar lima orang. Paling banyak dari pada kecamatan lain,” terang dia.

FK KIM selain menyampaikan informasi Pemerintah Kota Serang, FK KIM juga bisa menyampaikan informasi di daerahnya masing-masing.

BACA JUGA:Genderang Perang Ditabuh, Pengusaha Hiburan akan Gugat Lagi Pemkot Serang Soal Perda PUK

“Iya, bisa mereka menyampaikan informasi yang ada di daerahnya kepada kami, dan kami sebarluaskan juga melalui diskominfo Kota Serang. Jadi simbiosis mutualisme,” tuturnya.

Arif Rahman Hakim menyebutkan, informasi yang disampaikan oleh FK KIM berupa foto kegiatan yang disertai capiton atau keterangan fotonya.

“Lebih kepada foto berikut dengan keterangannya seperti apa, dan juga bisa juga kami seperti rilis-rilis yang disampaikan oleh tim peliput kami disampaikan kepada KIM, KIM menyampaikan kepada masyarakat. Jadi biar lebih kena, lebih kekeluargaan ketika pewarta dari masyarakat itu sendiri,” tandasnya. ***

Pos terkait