Trending

Cilegon Masuk Daerah Percontohan Penggunaan Aplikasi E-Reviu

CILEGON, BANTEN RAYA – Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon masuk ke dalam tujuh daerah percontohan pengaplikasian e-Reviu LPPD atau Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah berbasis elektronik. Review LPPD berbasis elektronik tersebut menjadi pengawasan sistem berbasis elektronik terhadap perencanaan dan laporan penyelenggaran program pemerintah.

Inspektur Wilayah II Kemendagri Ucok Abdulrauf Damenta menyatakan, adanya sistem tersebut untuk memastikan jika perencanaan dan pelaporan sesuai, sehingga tidak ada lagi kepentingan dari pemimpin daerah masuk merubah perencanaan dan sebagainya.

“Sistem ini akan memperkuat pengawasan, sehingga tidak ada lagi kepala daerah ingin jalan ke kakan program jalan ke kiri. Artinya tidak bisa lagi ditengah jalan titip program, semua harus terencana,” katanya saat memberikan arahan dalam Sosialisasi Reviu Dokumen Anggaran Berbasis Elektronik berlokasi di Aula Setda II Kota Cilegon, Jumat (1/4).

Sistem yang dibuat, lanjut Ucok, juga menjadi bagian bagaimana menerapkan manajemen birokrasi yang bersih terhadap praktek korupsi.

“Banyak kepentingan yang masuk, sehingga ini menjadikan inspektorat benar-benar independen,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Inspektorat Kota Cilegon Mahmudin menyampaikan, dengan sistem tersebut pihaknya akan semakin bisa memaksimalkan pengawasan, dimana semua perencanaan seperti Musyawarah Perencanaan Pembangunan atau (Musrenbang) dan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) akan diinput secara aplikasi atau sistem.

“Berbagai perencanaan dari mulai Musrenbang, RKPD itu masih dilakukan secara manual. Ini adalah digitalisasi pengawasan berbasis elektronik,” katanya kepada wartawan, Jumat (1/4).

Baca artikel Bantenraya.co.id lainnya di Google News
 
1 2Laman berikutnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button