Teks Pildacil Maulid Nabi di Sekolah Singkat dan Mudah Dipahami

Teks pildacil Maulid Nabi Muhammad
Berikut contoh teks pildacil Maulid Nabi Muhammad SAW. (Foto/Freepik)

BANTENRAYA.CO.ID – Dalam rangka memeriahkan hari Maulid Nabi Muhammad SAW, kita bisa mengadakan beragam aktivitas islami yang menarik, misalnya Pildacil.

Pildacil atau Pemilihan Dai Cilik adalah salah satu lomba yang kerap diadakan kala peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tiba.

Peserta lomba biasanya berlatih dengan mempelajari contoh teks pildacil tema maulid Nabi Muhammad sebelum tampil.

Bacaan Lainnya

Pildacil seperti namanya adalah lomba yang dilakukan untuk memilih dai di usia dini yang memiliki minat dan bakat dalam mengajak dan mendorong orang lain untuk mengamalkan ajaran Islam.

Jika kamu mencari teks Pildacil Maulid Nabi saw singkat, cobalah contoh di bawah ini.

BACA JUGA: TERBARU! 16 Link Twibbon Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 Hijriah, Desain Menarik Cocok untuk Dibagikan ke Media Sosial

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Hadirin yang saya hormati, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT karena dengan rahmat dan karunia-Nya, pada hari ni kita bisa bersama-sama memperingati hari Maulid Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam keadaan cerah, sehat, dan tak kurang sesuatu apa pun.

Semoga salam dan rahmat senantiasa terlimpah kepada junjungan kita Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Berkat beliau, umat manusia dibawa dari zaman kegelapan ke zaman terang benderang melalui tegaknya agama islam.

Hadirin yang berbahagia!

Peringatan Maulid Nabi diselenggarakan secara meluas di Tanah Air. Kita hendaknya tidak sekedar menjadikan peringatan ini bersifat lahiriah saja.

BACA JUGA: 10 Link Twibbon Maulid Nabi Muhammad SAW 1445H, Desain Simpel dan Menarik

Lebih dari itu, mari jadikan kesempatan ini agar benar-benar sebagai perenungan kembali dan meresapi secara mendalam arti dan makna dari lahirnya seorang Nabi dan Rasul terakhir yang membawa petunjuk dari Allah Yang Maha Agung dan sosok pemberi suri tauladan untuk umat manusia.

Hadirin yang berbahagia!

Pada hakikatnya, mempercayai kebenaran wahyu yang telah dibawa oleh Nabi Muhammad dan mengikuti tuntunan yang telah diberikan olehnya adalah merupakan inti dari Peringatan Maulid Nabi.

Allah telah berfirman dalam Surat Al-Ahzab: 21 yang artinya : “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri tauladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan Dia banyak menyebut Allah.”

BACA JUGA: Tinggal Klik! 15 Link Twibbon Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 Hijriah, Desain Terbaru dan Menarik

Di samping itu, Allah menegaskan lagi dengan firman-Nya di Surat Ali Imran ayat 31 yang artinya: “Katakanlah: “Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah Aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu.” Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Dengan memperhatikan arti dan makna ayat-ayat tersebut maka jelaslah peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW juga merupakan kesempatan untuk mawas diri sampai di mana kesanggupan kita dalam mengikuti bimbingan dan suri tauladan yang telah diberikan oleh Nabi kita Muhammad.

Hadirin yang berbahagia!

Dalam kesempatan ini, yang hendak saya sampaikan sebagai pembicara dalam pidato Maulid Nabi, ada beberapa hal yang perlu kita renungkan bersama memetik suri tauladan yang telah dicontohkan dalam kehidupan Nabi Muhammad.

BACA JUGA: Tempat Wisata Terbaik di Banjarbaru Dijamin Seru dan Menyenangkan, Cocok untuk Liburan Bareng Keluarga

Dalam kehidupan berbangsa sebagai bangsa yang kini tengah membangun untuk menciptakan suatu hari depan yang lebih baik, banyak suri tauladan yang kita petik dari perjalanan hidup Rasulullah.

Di antara teladan tersebut adalah tentang gaya hidup sehari-hari. Kebahagiaan dan kenikmatan hidup yang dirasakan oleh Nabi Muhammad SAW, bukan terletak pada kelezatan dan kemegahan hidup lahiriah.

Beliau mendapatkan kebahagiaan dan kenikmatan lewat kesederhanaan.

Tuntutan hidup sederhana yang didukung oleh kepribadian yang teguh, budi pekerti yang luhur, tingkah laku yang penuh kasih sayang dan lemah lembut, merupakan mahkota keindahan yang menghiasi kehidupan Nabi Muhammad.

BACA JUGA: Tempat Wisata Terindah di Samarinda, Bikin Liburan Bareng Pasangan Jadi Asik

Dengan memperhatikan riwayat hidup Nabi dalam gaya hidup dan pergaulan bersama orang-orang di sekitarnya, maka semuanya mencerminkan tingkah laku kesopanan dan kesederhanaan hidup.

Demikian pesan yang dapat saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Amin.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Demikian itu contoh teks pildacil Maulid Nabi saw singkat.

Kelanjutan naskah dan konten dalam naskah bisa disesuaikan dengan tema acara peringatan Nabi Muhammad saw.***

Pos terkait