Mengenal Tempat Wisata Tersembunyi yang Ada di Daerah Kota Cilegon, yang Wajib Kamu Ketahui

Wisata
Wisata pulau merak kecil. (Instagram/@anakpulo)

BANTENRAYA.CO.ID – Cilegon selain terkenal sebagai Kota baja, ternyata Kota Cilegon juga terkenal sebagai berbagai tempat wisata.

Yah, memang tempat wisata yang berada di Kota Cilegon inibelum diketahui oleh sebagian orang.

Namun, dalam artikel ini akan memperkenalkan tempat wisata mana saja sih yang berada di Kota Cilegon.

Bacaan Lainnya

Sebelumnya Kota Cilegon memiliki wilayah yang relatif landai di daerah tengah dan pesisir barat hingga timur kota, tetapi di wilayah utara Cilegon topografinya menjadi berlereng karena berbatasan langsung Gunung Batur.

BACA JUGA: Kolaborasi Taeyang BigBang dan Lisa Blackpink Menjadi Trending Pertama di YouTube! Ini Lirik dan Terjemahan Lagu Shoong! Taeyang Feat Lisa

Sedangkan di wilayah selatan topografi menjadi sedikit berbukit-bukit terutama wilayah yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Mancak, Serang.

Berikut merupakan tempat wisata tersembunyi yang berada di Kota Cilegon:

  • Gunung Batu Lawang

Wisata
Wisata batu lawang. (Instagram/@batulawang)

Gunung yang berada di wilayah Gerem – Merak, anda dapat melihat objek wisata berupa hamparan pegunungan granit yang memiliki bermacam-macam bentuk bebatuan sehingga membentuk semacam pintu selamat datang.

Selain itu anda akan melihat hamparan pesisir barat Kota Cilegon dari Gunung Batu Lawang.

  • Gunung Batur

Wisata
Wisata gunung batur. (Instagram/@gunungbatur)

Gunung Batur terletak dikawasan kecamatan Pulomerak, dapat ditempuh sekitar 10 menit dari pusat Kota Cilegon dengan jarak ± 8 km.

Guniung Batur adalah suatu daerah tujuan wisata Agro, yang berorentasi pada wisata minat khusus, seperti: Hiking, Camping Area, Study Flora dan Fauna, Jogging, Layang gantung atau gantole

  • Krakatau Country Club

 

Krakatau Country Club adalah pusat rekreasi di tengah Kota Cilegon yang dikelola oleh anak perusahaan Krakatau Steel.

Disini terdapat fasilitas berbagai macam kolam renang, padang golf, hotel, spa & sauna, karaoke, lapangan tennis hingga rumah makan khusus ekspatriat.

  • Pulau Merak Besar dan Merak Kecil

Wisata
Wisata pulau merak kecil. (Instagram/@anakpulo)

Pulau Merak Besar terletak tepat (± 500 M) didepan pelabuhan penyebrangan Merak – Bakauheni (ASDP), dengan luas areal sekitar 20 Ha.

Dipulau ini terdapat Flora ( Aneka tumbuhan dan pepohonan ) dan Fauna (Kera, Ular, dan aneka Kerang ), alamnya masih asri dan tidak berpenghuni, terdapat pula bebatuan dan koral situs Tsunami Gunung Krakatau tahun 1883.

Sedangkan Pulau Merak Kecil terletak ± 1 Km disebelah daya pelabuhan Merak dan dapat ditempuh ± 10 menit dengan menggunakan perahu motor.

Pulau ini memiliki luas areal 4,62 Ha dan merupakan gugusan dari Pulau merak besar, selain sebagai destinasi wisata di Kota Cilegon gugusan pulau ini juga menjadi gugus penghalang ombak laut yang melindungi Pelabuhan Merak dari terjangan ombak selat sunda.

  • Pantai Kelapa Tujuh

 

Pantai kelapa tujug terletak di Merak, kota Cilegon Banten 9 Km dari pintu Tol Jakarta – Merak,kearah utara pelabuhan penyeberangan Merak.

Pantai ini menawarkan pesona pantai pesisir yang landai dengan pedagang kaki lima di sekitar pantai selain itu pantai ini menawarkan kerindangan yang khas karena tepat berada di balik lereng gunung Batur.

  • Cagar Alam Gunung Tukung Gede

Wisata
Wisata gunung gede. (Instagram/@gununggede)

Tempat wisata selanjutnya adalah Cagar Alam Gunung Tukung Gede. Cagar alam ini memiliki dua sungai besar yang bermuara ke Pantai Anyer, yaitu Sungai Cikoneng dan Digandik.

Di sini kamu bisa melakukan hiking, belajar tentang ragam hayati yang ada, Cagar Alam Gunung Tukung Gede sendiri berlokasi di Gunung Tukung, Desa Sindang Mandi, Anyar, Cilegon atau sekitar 1 jam dari pusat Kota Cilegon.

  • Batu Gambir

Wisata
Wisata batu gambir. (Instagram/@batugambir)

Selanjutnya ada Batu Gambir yang terletak di Tamansari, Pulomerak, Cilegon.

Salah satu tempat wisata di Cilegon ini memiliki pemandangan yang indah berpadu dengan suasana yang sejuk karena masih banyak pepohonan di sekitarnya, Batu Gambir sendiri masih bisa terus dikelola agar lebih menarik minat wisatawan.

  • Bukit Teletubbies

Wisata
Wisata bukit teletubies. (Instagram/@bukitteletubies_)

 

Bukit Teletubbies di Cilegon berlokasi di kawasan Suralaya, Pulomerak, Cilegon bukit yang bernama asli Bukit Kembang Kuning ini sudah cukup banyak dikunjungi oleh wisatawan, sebelum pandemik COVID-19.

Karena itu banyak disebut menjadi Bukit Teletubbies oleh wisatawan, akhirnya tempat wisata ini pun terkenal dengan nama serial anak-anak itu.

Bukit ini juga sangat cocok untuk kamu yang suka menjelajah saat berwisata bareng keluarga dan juga kerabat kamu.***

Pos terkait