Pemkot Serang Diminta Usulkan KH Samaun Bakri Jadi Pahlawan Nasional

Pemkot Serang diminta usulkan KH Samaun Bakri Jadi Pahlawan Nasional
Fuad S Bakri (kiri) menyerahkan buku tentang Samaun Bakri kepada Walikota Serang Syafrudin. (Instagram @syafrudinofficial)

BANTENRAYA.CO.ID – Tokoh KH Samaun Bakri diusulkan agar mendapat gelar pahlawan nasional.

Pengusulan gelar pahlawan nasional, karena KH Samaun Bakri tokoh nasional.

Diharapkan KH Samaun Bakri resmi diakui gelar kepahlawanannya oleh Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Bacaan Lainnya

BACA JUGA:Air Keran Masjid Al Madani Pemkot Serang Tak Ngocor, Warga Penjemput Jemaah Haji Wudhu di Westafel

Pengusulan KH Samaun Bakri mendapat gelar pahlawan nasional terungkap pada audiensi dengan keluarga Samaun Bakri Sang Jurnalis yang digelar di ruang rapat Walikota Serang, Setda lantai 2, Puspemkot Serang, Kota Serang, Senin 10 Juli 2023.

Dalam audiensi dengan keluarga KH Samaun Bakri dihadiri langsung Walikota Serang Syafrudin, didampingi Asisten Daerah (Asda) I Kota Serang Subagyo, Kepala Dindikbud Kota Serang Tubagus Suherman, dan Kepala Kesbangpol Kota Serang Wasis Dewanto.

Pengajuan gelar kepahlawanan bagi KH Samaun Bakri sebelumnya sebelumnya sempat diajukan di Kota Pariaman, Provinsi Sumatera Barat.

BACA JUGA:Walikota Syafrudin Berharap Hamas Sinergi dengan Pemkot Serang

Lantaran terdapat beberapa berkas yang tidak sesuai, sehingga proses pengajuan tersebut belum bisa dilanjutkan.

Fuad S Bakri, selaku putra dari tokoh KH Samaun Bakri mengatakan, beberapa tahun ke belakang pihak keluarga beserta masyarakat mengajukan gelar pahlawan kepada pemerintah pusat, namun terdapat beberapa hal yang belum sesuai, sehingga proses tersebut belum bisa dilanjutkan ke tingkat nasional.

“Saat itu kami sudah ajukan dari Kota Pariaman Provinsi Sumatera Barat, namun setelah diteruskan ke pemerintah pusat ada hal yang belum sesuai dari administrasi dan sebagainya sehingga proses pengajuan tidak bisa dilanjutkan,” ujar Fuad S Bakri, dalam sambutannya.

BACA JUGA:Pemkot Serang Salurkan 80 Ekor Hewan Kurban ke Pondok Pesantren, Masjid, dan Masyarakat

Fuad S Bakri menjelaskan, pihaknya sebelumnya sempat mengajukan gelar pahlawan nasional bagi almarhum ayahandanya di Kota Pariaman, Sumatera Barat, karena wilayah tersebut merupakan tempat kelahiran Samaun Bakri.

Namun lantaran terdapat proses yang tidak sesuai, sehingga proses pengajuan gelar pahlawan tersebut tidak dilanjutkan.

Fuad S Bakri tidak patah semangat dalam mengajukan gelar pahlawan nasional Samaun Bakri.

BACA JUGA:Pemkot Serang Gelontorkan Rp 45 Miliar Untuk Turunkan Stunting

Fuad S Bakri mengajukan dan memohon kepada Pemerintah Kota Serang untuk mengajukan gelar pahlawan nasional Samaun Bakri melalui Pemerintah Kota Serang dan Provinsi Banten.

“Dulu, ayah kami Samaun Bakri pernah menjadi Wakil Residen Banten yang diutus langsung oleh Presiden Pertama Soekarno, kemudian perjuangannya untuk NKRI dahulu juga sangat berjasa,” kenang Fuad S Bakri.

Kh. Samaun Bakri ayah kami mendapat Misi membawa dua Peti Emas dari Banten untuk membeli Senjata dan Pesawat untuk NKRI ke India, namun pada saat melintasi jalur Lampung-Bengkulu, pesawat yang dinaiki ditembak oleh Belanda sehingga gugur pada saat menjalankan misi” Sambungnya.

BACA JUGA:Walikota Syafrudin Berharap Hamas Sinergi dengan Pemkot Serang

Peneliti tokoh pahlawan nasional Mufti Ali mengatakan, tokoh nasional KH Samun Bakri juga sangat berjasa bagi Banten khususnya Kota Serang.

“Kiprahnya dan gugurnya beliau ini saat menjadi Wakil Residen Banten, dan juga saat ini sampai dijadikan nama di jalanan Kota Serang,” tutur Mufti Ali. ***

Pos terkait