Apa Itu KAWS, Patung Raksasa Pink yang Kini Sedang ‘Rebahan’ di Candi Prambanan? Berikut Cara Menikmatinya

Apa itu KAWS, patung raksasa pink yang kini sedang 'rebahan' di salah satu candi terbesar di Indonesia itu? (Instagram/@kaws)
Apa itu KAWS, patung raksasa pink yang kini sedang 'rebahan' di salah satu candi terbesar di Indonesia itu? (Instagram/@kaws)

BANTENRAYA.CO.ID – “KAWS: Holiday” kini hadir Candi Prambanan. Namun masih banyak yang belum tahu apa itu KAWS, patung raksasa pink yang kini sedang ‘rebahan’ di salah satu candi terbesar di Indonesia itu.

KAWS adalah nama panggung dari seniman dan desainer grafis asal Amerika Serikat bernama Brian Donnelly. Ia dikenal karena karya seni urbannya yang menggabungkan unsur-unsur seni pop, street art, dan budaya populer.

Nama “KAWS” berasal dari huruf yang terdiri dari empat karakter yang dia gambar di awal kariernya di jalanan New York.

Bacaan Lainnya

KAWS dikenal dengan karakter kartun yang ikonik yang sering muncul dalam karyanya, yang dikenal sebagai “Companion.”

BACA JUGA: Cara Masuk Area KAWS: HOLIDAY di Candi Prambanan, Beli Tiketnya di sini!

Karakter tersebut memiliki mata besar dan telinga yang panjang. Karya KAWS sering kali mengambil inspirasi dari budaya pop, kartun, dan karakter terkenal, serta menciptakan interpretasi yang unik dan kontemporer dari elemen-elemen ini.

Selain karya seni jalanan, KAWS juga telah menciptakan berbagai jenis karya seni termasuk patung, lukisan, merchandise, dan kolaborasi dengan merek-merek terkenal.

Karya-karyanya telah dipamerkan di berbagai galeri dan museum di seluruh dunia, dan ia telah menjadi salah satu seniman urban paling diakui dan berpengaruh dalam beberapa dekade terakhir.

KAWS: Holiday pertama kali diluncurkan pada tahun 2018 dan sudah mengelilingi dunia selama 6 tahun terakhir. Di Indonesia, ini merupakan perjalanannya yang ke-10.

BACA JUGA: Makna Lagu Bad Religion Frank Ocean Serta Lirik dan Terjemahannya, Dinilai Menghina Islam?

Sebelumnya, tur dunia ini sudah menjajaki negara Taipei, Hong Kong, Tokyo, Bristol, Singapura, Gunung Changbai, Melbourne, hingga menembus luar angkasa.

Edisi ke-10 ini, KAWS: Holiday bersama AllRighReserved memperkenalkan kembali ACCOMPLICE yang merupakan figur vinil yang dirilis pada 2002 dan juga sekarang menghiasa Situs Warisan Dunia UNESCO.

Figur KAWS berwana pink yang sedang rebahan itu berada di Candi Prambanan, Sleman, Yogyakarta dan bisa dinikmati masyarakat mulai dari 18-31 Agustus 2023.

Pengunjung dapat melihat raksasa di wilayah Candi Prambanan itu setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga pukul 5 sore.

Selain ada patung raksasa sebesar 45 meter itu, KAWS dan AllRightReserved meluncurkan edisi khusus KAWS:Holiday Indonesia berupa figur vinil ACCOMPLICE berwana hitam dan pink ukuran 11,5 inci.

Merchandise itu bisa dipesan di ddtstore.com menggunakan sistem waiting list. Semua item bersifat first come first served selama persediaan masih ada dan akan dikirimkan pada September 2023.***

 

 

Pos terkait