Waduk Karian Mulai Diisi, Lahan Warga Banyak yang Belum Dibayar

BANTENRAYA.CO.ID – Balai Besar Sungai Cidanau Ciujung Cidurian (BWSC3) melakukan Impounding atau pengisian air Bendungan Karian sejak Jumat 29 September 2023.

Namun hingga kini, puluhan warga di Kampung Panunggangan, desa Calungbungur, Kecamatan Sajira yang terdampak pembangunan bendungan, belum mendapatkan kompensasi atas tanah mereka yang digusur.

Related Articles

Yayan Sumaryono, warga Desa Calungbungur yang lahannya tergusur proyek Bendung Karian mengatakan, di desanya ada sekitar 85 warga yang kehilangan lahan akibat terkena proyek Bendungan Karian. Yayan mengaku kaget karena Bendung Karian kini sudah mulai menampung air, sementara ia dan warga belum mendapatkan ganti rugi.

“Di Kampung saya saja ada sekitar 86 warga belum mendapatkan kompensasi. Kalau luasan tanahnya saya kurang tau ya, cuma kalau luas tanah milik orang tua saya yang kena proyek sekitar dua haktere. Ini baru satu kampung ya, masih ada lagi yang kena (terkena proyek) dan belum dibayar,” kata dia kepada Banten Raya, Senin 2 Oktober 2023.

BACA JUGA: Warga Desa Jayasari Tuntut Keadilan, Minta Perusahaan Tambang Bertanggungjawab

Yayan mengungkapkan, sebelum Bendung Karian diaktifkan seharusnya pemerintah menyelesaikan terlebih dahulu kompensasi kepada warga yang terdampak.

“Selasikan dahulu ganti ruginya kepada warga. Bukanya ganti untung malahan banyak warga yang belum dibayar dan hilang mata pencahariannya. Akibat proyek ini ada juga yang sampai tinggal di gubug karena ganti dari pemerintah belum ada serta penawaran murah atau jauh dari harga layak. Jangan sampai keberadaan bendungan ini malah menimbulkan masalah baru,” papar Yayan.

Baca artikel Bantenraya.co.id lainnya di Google News
 
1 2 3 4Laman berikutnya

Related Articles

Back to top button