Kelurahan Pabean Kota Cilegon Satu-satunya Kelurahan Peserta Festival Budaya Surosowan 2023, Yuk Intip Prestasinya

WhatsApp Image 2023 10 13 at 14.53.04
Kepala Dindikbud Cilegon Heni Anita Susila (kiri kedua), Lurah Pabean Nurul Hadiyati (kanan kedua) saat berfoto di stand Kelurahan Pabean di Festival Budaya Surosowan 2023. (Kelurahan Pabean)

BANTENRAYA.CO.ID – Kelurahan Pabean, Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon menjadi peserta dalam Festival Budaya Surosowan 2023.

Festival Budaya Surosowan digelar di Keraton Kesultanan Banten, Kasemen, Kota Serang pada Kamis, 12 Oktober 2023 malam.

Kelurahan Pabean dari Kota Cilegon menjadi undangan dan menghadirkan stand budaya dalam acara tersebut.

Bacaan Lainnya

Acara Festival Budaya Banten yang dibuka oleh Pj Gubernur Al Muktabar berjalan meriah menampilkan pameran budaya dari berbagai penjuru di Banten.

BACA JUGA:SDIT Banten Islamic School Buka PPDB Inden Tahun Ajaran 2026, Yuk Buruan Daftar Kuota Tersisa Segini

Festival Budaya Surosowan yang bertema Hajatan Ageng Surosowan merupakan hasil kerjasama antara Pemerintah Provinsi Banten dengan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi atau Kemendikbudristek RI.

Lurah Pabean Nurul Hadiyati mengatakan, Kelurahan Pabean menjadi satu-satunya kelurahan yang diundang dalam kegiatan tersebut.

“Pabean sendiri telah ditetapkan sebagai Desa Budaya berdasarkan SK Walikota Cilegon pada tahun 2022. Pabean juga menjadi juara 1 Lomba Kelurahan tingkat Provinsi Banten 2022,” kata Nurul kepada Bantenraya.co.id pada Jumat, 13 Oktober 2023.

Nurul menjelaskan, pada Festival Budaya Surosowan, stand kelurahan yang berada di Kecamatan Purwakarta Kota Cilegon menampilkan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM.

BACA JUGA:Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di RSKM Cilegon, Karyawan Diminta Teladani Rasulullah

“Seperti emping, gipang, serta tayangan video-video kegiatan seni budaya di Pabean,” ungkapnya.

Festival Budaya Surosowan, kata Nurul, menjadi ajang untuk mempromosikan Kelurahan Pabean sebagai Desa Budaya sampai tingkat nasional.

“Terima kasih kepada Ibu Kepala Dinas Pendidikan Kota Cilegon dan Kebudayaan Heni Anita Susila beserta jajaran atas pembinaannya, terima kasih Tim Stand FBS, Pokdarwis atas sinergi indahnya, serta Staf dan pejabat Kelurahan Pabean,” ucapnya.

Nurul menambahkan, jika dianalogikan sebagai sebuah produk, kelurahan ini adalah produk yang memiliki positioning yang kuat, unik, baik dari segi Sumber Daya Alam maupun Sumber Daya Manusianya.

BACA JUGA:PT ASDP Indonesia Ferry Luncurkan Buku, Berisi Transformasi Pelayanan Konvensional ke Modern

“Maka, positioning ini harus terus diperkuat, untuk dapat dengan mudah dipromosikan, dan mendapat perhatian dari banyak stakeholder,” kata Nurul.***

Pos terkait