3 Keutaman Kurban di Khutbah Jumat Pertama Idul Adha, Simak Penjelasannya Disini

Hewan Kurban
Khutbah Jumat soal keutamaan dan kemuliaan menyembelih hewan kurban. (Uri/BantenRaya.Co.Id)

BANTENRAYA.CO.ID – Khutbah Jumat pertama di hari leberan Idul Adha sepertinya sangat asing jika tak membahas keutaman kurban.

Bahkan keutaman kurban ini juga banyak sekali orang yang tak mengetahuinya.

Padahal keutaman kurban sudah jelas penting untuk kalian ketahui. sebagai mana hadits Nabi Muhammad SAW menjelaskan tentang kurban ini:

Bacaan Lainnya

BACA JUGA : 5 Rekomendasi Tempat Wisata di Lampung yang Paling Hits dan Bikin Jatuh Cinta, Wajib Dikunjungi

عَنْ عَائِشَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَا عَمِلَ آدَمِيٌّ مِنْ عَمَلٍ يَوْمَ النَّحْرِ أَحَبَّ إِلَى اللَّهِ مِنْ إِهْرَاقِ الدَّمِ إِنَّهَا لَتَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ بِقُرُونِهَا وَأَشْعَارِهَا وَأَظْلَافِهَا وَأَنَّ الدَّمَ لَيَقَعُ مِنْ اللَّهِ بِمَكَانٍ قَبْلَ أَنْ يَقَعَ مِنْ الْأَرْضِ فَطِيبُوا بِهَا نَفْسًا

Artinya: “Aisyah menuturkan dari Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wasallam bahwa beliau bersabda, “Tidak ada suatu amalan yang dikerjakan anak Adam (manusia) pada hari raya Idul Adha yang lebih dicintai oleh Allah dari menyembelih hewan.

BACA JUGA : Sinopsis dan Link Pesan Film Mission: Impossible- Dead Reckoning Part One yang Tayang 8 Juli 2023 Agar Tidak Kehabisan!

Karena hewan itu akan datang pada hari kiamat dengan tanduk-tanduknya, bulu-bulunya, dan kuku-kuku kakinya. Darah hewan itu akan sampai di sisi Allah sebelum menetes ke tanah. Karenanya, lapangkanlah jiwamu untuk melakukannya”.” (Hadits Hasan, riwayat al-Tirmidzi: 1413 dan Ibn Majah: 3117)

Namun disisi lain dalam khutbah Jumat pertama, terdapat beberapa keutamaan yang dapat ditekankan mengenai daging kurban.

Berikut adalah tiga keutamaan pentingnya daging kurban yang sering dibahas dalam khutbah Jumat yang telah terangkum di Bantenraya.co.id dari berbagai sumber:

BACA JUGA : 5 Hotel Murah di Medan Harga dibawah Rp80 Ribuan dengan Fasilitas Mewah, Restoran dan Nyaman Menginap Bersama Ayang

1. Ibadah dan Ketakwaan:

Daging kurban merupakan bagian dari ibadah yang sangat dianjurkan dalam agama Islam.

Melakukan kurban adalah bentuk pengorbanan diri kepada Allah SWT sebagai bentuk pengabdian dan ketakwaan kepada-Nya.

Dalam khutbah Jumat, keutamaan ini dapat ditekankan untuk mengingatkan umat Muslim tentang pentingnya menjalankan ibadah kurban dengan ikhlas dan penuh rasa takwa.

BACA JUGA : Link Nonton Lies Hidden in My Garden Episode 7 dan 8 Sub Indo Lengkap dengan Jadwal Tayang

2. Persaudaraan dan Kepedulian Sosial

Kurban juga memiliki dimensi sosial yang kuat.

Sehingga daging kurban dibagikan kepada fakir miskin dan orang-orang yang membutuhkan, sehingga dapat mempererat tali persaudaraan dalam masyarakat Muslim.

Dalam khutbah Jumat pertama, penting untuk menekankan nilai-nilai persaudaraan, kepedulian sosial, dan keadilan dalam pembagian daging kurban, serta mengajak umat Muslim untuk berbagi dengan sesama sebagai bentuk kepedulian dan empati terhadap sesama.

BACA JUGA : Wajib Dicoba! 3 Tempat Makan di Cikarang yang Paling Mantap, Murah dan Cita Rasanya Bikin Ketagihan

3. Pelajaran dari Kesabaran Nabi Ibrahim

Khutbah Jumat pertama dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk mengingatkan umat Muslim tentang kisah Nabi Ibrahim AS dan kesabaran yang ditunjukkannya dalam memenuhi perintah Allah SWT untuk mengorbankan putranya.

Keutamaan ini mengajarkan nilai-nilai kesabaran, taat kepada Allah, dan kepercayaan yang teguh kepada-Nya.

BACA JUGA : Link Download Animash APK Android iPhone Resmi Gratis Juli 2023, Wajib Dicoba!

Dalam konteks daging kurban, hal ini menggambarkan betapa pentingnya mempertahankan ketaatan dan menjunjung tinggi nilai-nilai agama.

Dalam khutbah Jumat pertama, pengkhotbah dapat mengambil pelajaran dan keutamaan dari ibadah kurban ini untuk menginspirasi dan membimbing jamaah dalam meningkatkan ibadah, meningkatkan kepedulian sosial, dan memperkokoh ikatan persaudaraan dalam masyarakat Muslim.****

Pos terkait