Profil Budi Arie Setiadi: Menkominfo yang Baru Dilantik, Benarkah Jokowi Punya Hutang ke Sosok Ini?

Budi Arie Setiadi
Mengenal lebih dekat Menkominfo baru Budi Arie Setiadi yang dilantik Presiden Jokowi, Senin 17 Juli 2023. (Kemendesa.go.id)

BANTENRAYA.CO.ID – Posisi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) kini dijabat oleh sosok baru yakni Budi Arie Setiadi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Budi Arie Setiadi untuk menggantikan Johnny G Plate di Istana Negara pada Senin 17 Juli 2023.

Untuk mengenal Budi Arie Setiadi, artikel ini akan menyajikan profil dirinya dari harta kekayaan, usia hingga jenjang karier.

Bacaan Lainnya

BACA JUGA: 20 Ucapan Selamat Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah, Bermakna dan Inspiratif, Paling Cocok untuk Caption Media Sosial

Pelantikan jabatan Menkominfo sendiri dilakukan sebagai tindak lanjut dari kosongnya posisi tersebut sejak akhir Mei 2023 lalu.

Presiden Jokowi memberhentikan menteri sebelumnya yakni Johnny G Plate yang mulai menjabat sejak Oktober 2019.

Pemberhentian tersebut adalah tindak lanjut usai dirinya ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan penegak hukum atas kasus korupsi BTS.

BACA JUGA: Tampilan Google Jadi Warna Pink dengan Gemerlap Cantik Karena Film Barbie The Movie! Ini Caranya

Dari hitung-hitungan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), kerugian negara dari kasus itu mencapai Rp8,032 triliun.

Untuk mengisi kekosongan, Presiden lalu menunjuk Mahfud MD sebagai Pelaksana tugas (Plt) Menkominfo.

Setelah beberapa waktu, akhirnya jabatan Menkominfo pun diisi oleh pejabat definitif pada sosok Budi Arie Setiadi.

BACA JUGA: Link Nonton See You In My 19th Life Episode 10 Sub Indo Lengkap dengan Sinopsis Bukan Bilibili, Dramacool dan Dailymotion

Profil Sang Menteri

Dikutip Bantenraya.co.id dari berbagai sumber, nama Budi sendiri sudah tak asing lagi bagi publik maupun di pemerintah tingkat pusat.

Ia merupakan seorang politikus PDIP yang mulai dikenal sejak masa pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 dengan membentuk organisasi PROJO.

PROJO sendiri merupakan organisasi pendukung Jokowi yang berkontribusi hingga Ia terpilih sebagai presiden pada 2014 dan 2019.

BACA JUGA: 5 Hotel Termurah di Purwodadi Mulai Dari Rp 100 Ribuan, Fasilitas Lengkap dan Terbaik Cocok Buat Staycation

Pada organisasi tersebut, Budi Arie Setiadi sendiri merupakan seorang ketua umum alias ketum.

Pada 2019, Ia akhirnya ditunjuk dan dilantik menjadi Wakil Menteri Desa, Pembanguann Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

4 tahun berselang pada 17 Juli 2023, Ia pun dipercaya untuk menduduki jabatan Menkominfo menggantikan Johnny G Plate.

BACA JUGA: Seorang Badut tiba-tiba Memukul Mobil Pengendara, Padahal Sedang Menikmati Jalanan

Untuk profil pribadi, Budi merupakan sosok pria yang lahir di Jakarta pada 20 April 1969 atau usianya kini adalah 56 tahun.

Dunia Pergerakan dan Harta kekayaan

Budi Arie Setiadi juga dikenal aktif dalam gerakan mahasiswa sewaktu itu dengan dipercaya sebagai Ketua Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM ) FISIP UI 1994.

Ia juga menjadi Presidium Senat Mahasiswa UI (1994/1995) dan aktif mendirikan dan membina Forum Studi Mahasiswa (FSM) UI dan juga Kelompok Pembela Mahasiswa (KPM ) UI.

BACA JUGA: Link Download Kalender Islam 1444-1445 Hijriyah dan Masehi 2023, Klik Sekali Langsung Terunduh di Perangkatmu

Budi juga aktif di bidang pers kemahasiswaan dengan menjadi Redpel Majalah Suara Mahasiswa UI pada tahun 1993-1994.

Tak hanya sampai di situ, Budi Arie Setiadi juga menjadi Ketua ILUNI UI Jakarta (1998-2001) dan mendirikan Gerakan Sarjana Jakarta (GSJ).

Selama aktif dalam gerakan reformasi mahasiswa UI pada 1998, bersama aktivis mahasiswa dan alumni UI juga membidani lahirnya Keluarga Besar (KB) UI.

BACA JUGA: Mengenal Apa Itu Natto, Makanan Khas Jepang yang Mengandung Banyak Manfaat

Berdasarkan dokumen laporan harta kekayaan penyelanggara negara (LHKPN) KPK, Budi juga telah melaporkan nilai harta kekayaannya.

Dirinya memiliki harta kekayaan Rp101.018.800.000 untuk per 31 Desember 2022 dalam laporan yang disampaikan apda 28 Februari 2023. ***

Pos terkait