Kejuaraan Pencak Silat Tradisional Merdeka, 59 Pesilat Perebutkan 3 Kategori Perlombaan

WhatsApp Image 2023 08 13 at 11.51.34
Pembukaan Kejuaraan Pencak Silat Tradisional Merdeka di Aula Kecamatan Ciwandan, Minggu, 13 Agustus 2023. (Gillang / Bantenraya.co.id)

BANTENRAYA.CO.ID – Kejuaraan Pencak Silat Tradisional Merdeka dilaksanakan di Aula Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon pada Minggu, 13 Agustus 2023.

Kejuaraan tersebut dalam rangka memeringati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke 78.

Ketua Pelaksana Kejuaraan Pencak Silat Tradisional Merdeka Ahmad Supiadi mengatakan, kejuaraan tersebut dilaksanakan oleh Pager Community Cilegon.

Bacaan Lainnya

Pada kejuaraan tersebut, ada 3 kategori perlombaan yakni kategori tunggal kreatif SD, tunggal kreatif umum dan jurus tradisional bandrong.

BACA JUGA:4.019 Kasus Diare Terjadi di Cilegon Selama 2023, BABS Jadi Salah Satu Penyebabnya

“Kalau untuk kategori jurus tradisional bandrong khusus anak didik Laskar Budaya Bandrong Kecamatan Ciwandan,” kata Supiadi kepada Bantenraya.co.id.

Supiadi menjelaskan, selain memerihahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke 78, juga sebagai ajang mencari bibit pesilat tradisional yang handal.

“Peserta untuk tunggal kreatif SD ada 18 orang, tunggal kreatif umum ada 17 orang dan jurus tradisional bandrong 24 orang,” paparnya.

Supiadi menjelaskan, kejuaraan tersebut berlangsung selama 1 hari pada Minggu, 13 Agustus 2023.

BACA JUGA:56 Anggota Paskibra Kota Cilegon Jalani Karantina, Proses Rekrutmen Diklaim Transparan

“Penyerahan hadiah pada HUT RI 17 Agustus 2023 di Lapangan 5 Oktober, Kecamatan Ciwandan,” ungkapnya.

Kata Supiadi, pihaknya menyiapkan 18 piala bagi juara 1, 2 dan 3 serta harapan 1, 2 dan 3.

“Para juara mendapatkan piala dan sertifikat,” paparnya,

Supiadi menjelaskan, selain melestastarikan budaya, Kejuaraan Pencak Silat Tradisional Merdeka diharapkan menjadi ajang pembinaan atlet pencak silat tradisional.

BACA JUGA:Kepala SMA Swasta di Cilegon Protes, Peserta Didik Dibajak oleh Sekolah Negeri

“Harapannya, khususnya di Kecamatan Ciwandan lahir pesilat berprestasi di tingkat nasional dan internasional,” harapnya.

Camat Ciwandan Agus Ariyadi mengatakan, kejuaraan tersebut diharapkan untuk terus menggali potensi atlet pencak silat di wilayah Ciwandan, agar adanya regenerasi yang baik untuk nilai budaya maupun prestasi atletnya.

“Kemarin sudah ada dari Kecamatan Ciwandan yang juara tingkat nasional atas nama Muhammad Alimi Rizki pencak silat kategori anak-anak,” tuturnya.***

Pos terkait