Robot Tempat Sampah Pintar Jadi Inovasi Kelompok 24 KKM Uniba

WhatsApp Image 2023 09 12 at 19.01.02
Mahasiswa Kelompok 24 KKM Uniba sedang merakit Robot Tempat Sampah Pintar. (Kiriman Mahasiswa Uniba)

BANTENRAYA.CO.ID – Mahasiswa Kuliah Kerja Mahasiswa atau KKM dari Universitas Bina Bangsa atau Uniba Kelompok 24 sukses meluncurkan inovasi Robot Tempat Sampah Pintar.

Robot Tempat Sampah Pintar diciptakan Kelompok 24 KKM Uniba yang berada di Desa Kelapian, Kecamatan Pontang, Kabupaten Serang, Provinsi Banten.

Para mahasiswa Uniba Serang ini menciptakan alat edukasi yang diberi nama Robot Tempat Sampah Pintar lantaran dapat membuka sendiri dan berbicara, mengucapkan terima kasih kepada warga yang membuang sampah di tempat sampah.

Bacaan Lainnya

Bidang Teknologi Tepat Guna dan Informasi KKM Uniba Kelompok 24 Muhammad Naufal Ramadhan mengatakan, pengembangan robot ini merupakan bagian dari proyek KKM mahasiswa Uniba yang bertujuan untuk inovasi.

Di mana, inovasi yang dihadirkan untuk mengatasi masalah sampah dan meningkatkan kesadaran lingkungan di masyarakat.

BACA JUGA:Pansel JPT Pratama Pemkot Cilegon Diminta Segera Umumkan 3 Besar

“Robot Tempat Sampah Pintar ini didesain dengan modifikasi menggunakan teknologi Arduino dan berbagai modul lainnya. Robot ini mampu mendeteksi saat seseorang mendekat untuk membuang sampah, lalu secara otomatis membuka tutup tempat sampahnya,” ungkap Naufal melalui rilis yang disampaikan, Senin, 11 September 2023.

Naufal menjelaskan, robot ini juga bisa berbicara dengan suara ramah, mengucapkan terima kasih kepada warga yang berkontribusi dalam menjaga kebersihan lingkungan.

“Kami merasa sangat antusias untuk mengembangkan solusi inovatif ini. Kami berharap bahwa robot ini dapat memotivasi masyarakat Desa Kelapian dan sekitarnya untuk lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan,” harapnya.

Pengenalan Robot Tempat Sampah Pintar ini mendapat sambutan hangat dari warga setempat.

Masyarakat Desa Kelapian sangat menyambut baik inovasi ini dan berencana untuk menjadikannya sebagai bagian integral dalam upaya menjaga kebersihan lingkungan.

BACA JUGA:Pemasangan Alat Peraga Kampanye Diminta Jangan Asal, IMC: Bisa Picu Kecelakaan

Salah satu warga Desa Kelapian, Eti mengatakan ini adalah ide yang sangat brilian dan bermanfaat bagi masyarakat Desa Kelapian.

“Kami berterima kasih kepada mahasiswa Uniba Kelompok 24 yang telah memberikan kontribusi nyata dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan kami,” ucapnya.

“Robot ini merupakan contoh nyata bagaimana kolaborasi antara dunia pendidikan dan masyarakat dapat menghasilkan solusi inovatif yang dapat meningkatkan kualitas hidup bersama,” imbuhnya.

Sementara itu, Dosen Pembimbing Lapangan KKM Kelompok 24 Uniba Asnawi berharap, inovasi ini akan menjadi inspirasi bagi lebih banyak orang untuk terlibat dalam upaya pelestarian lingkungan.

Selain itu, dikatakan Asnawi dengan adanya inovasi ini, Desa Kelapian di Kabupaten Serang, Banten, semakin menjadi percontohan dalam menghadapi tantangan lingkungan dan menciptakan masyarakat yang lebih sadar akan pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian alam.

BACA JUGA:Penyelidikan Kebakaran Kapal Mutiara Berkah I, KNKT Bakal Periksa ALP dan Indah Kiat

“Kami berharap bahwa Robot Tempat Sampah Pintar ini akan terus menjadi bagian yang tak terpisahkan dari upaya kita bersama dalam menjaga kebersihan dan keindahan Banten,” tandasnya.***

Pos terkait