Berkas Pencermatan Rancangan DCT 4 partai Diterima KPU Kota Cilegon

Ketua DPC PKB Kota Cilegon Sanudin menyerahkan berkas pencermatan rancangan DCT, (Uri/BantenRaya.Co.Id)
Ketua DPC PKB Kota Cilegon Sanudin menyerahkan berkas pencermatan rancangan DCT, (Uri/BantenRaya.Co.Id)

BANTENRAYA.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon sudah menerima berkas pencermatan rancangan Daftar Calon Tetap (DCT) 4 partai politik. Dimana, berkas tersebut nantinya akan dilakukan verifikasi DCT dimulai 19 Oktober hingga 23 Oktober 2023.

Diketahui berdasarkan penelusuran Banten Raya 4 partai tersebut yakni PDI Perjuangan, Partai Garuda, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Nasional Demokrat (Nasdem).Dimana, semuanya berkas diterima KPU Kota Cilegon.

Kepala Divisi Teknis dan Pencalonan KPU Kota Cilegon Urip Hariantoni menjelaskan, baru hanya 4 partai yang submit dalam sistem informasi pencalonan dan mendaftar dalam pencermatan rancangan DCT. Selebihnya, pihaknya masih menunggu pada terakhir tahapan yakni 3 Oktober pukul 23.49.

Bacaan Lainnya

“Besok (hari ini) batas akhir Parpol untuk daftar, sehingga kami harapkan semuanya bisa datang ke KPU Kota Cilegon. Untuk sekarang baru 4 partai yang melakukan,” katanya, Senin 2 Oktober 2023.

BACA JUGA: Opname Salira Termin 3 Berjalan Maksimal, Swadaya Masyarakat Meningkat 20 Persen

Urip menyampaikan, pihaknya berharap seluruh partai untuk melakukan pencermatan rancangan DCT. Hal itu untuk memastikan jika bacaleg yang didaftarkan tidak lagi ada kesalahan. Sebab, tidak ada lagi masa perbaikan.

“Tidak ada masa perbaikan, langsung verifikasi DCT 19 Oktober hingga 23 Oktober, lalu penyusunan DCT pada 24 Oktober hingga 2 November 2023, dan penetapan 3 November 2023 lanjut pengumuman 4 November 2023,” ujarnya.

]Dengan menyerahkan berkas dan submit di Silon, tegas Urip, hal itu juga untuk bisa menghindari adanya sengketa pemilu nanti.

“Jadi kami harap bisa menyerahkan. Ini agar tidak lagi sengketa. Terlebih jika nantinya tidak tersubmit,” tegasnya.

Ketua DPC PKB Kota Cilegon Sanudin menyatakan, dalam pendaftaran pencermatan rancangan DCT tersebut pihaknya melakukan perubahan satu bacaleg. Jika sebelumnya tidak ada gelar maka sekarang diberikan gelar haji di depan nama.

“Satu perubahan saja, memberikan gelar haji kepada salah satu caleg. Sebab, yang bersangkutan meminta untuk diubah, sehingga kami lakukan,” ungkapnya.

BACA JUGA: Timsel Agendakan Pleno 3 Besar Lelang Jabatan Pekan Ini, Bantah Sejumlah Isu Nama Beredar

Sanudin menyatakan, pasca penetapan nanti akan langsung menggeber untuk bisa turun ke masyarakat. Bukan saja untuk memenangkan Pemilu Legislatif. Namun, juga memenangkan koalisi Pemilihan Presiden (Pilpres) untuk pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.

“Semuanya bersiap untuk semakin masif lagi bertemu dengan masyarakat, sehingga bisa maksimal dalam proses pemenangan,” ujarnya. *

 

Pos terkait