Kayak Lebaran, Begini Gegap Gempita Warga Kelurahan Pabean Gelar HUT ke 78 RI 

Kelurahan Pabean
Warga Kelurahan Pabean memeriahkan HUT ke 78 RI. (Uri/BantenRaya.Co.Id)

BANTENRAYA.CO.ID – Warga Kelurahan Pabean, Kecamatan Purwakarta menggelar perayaan HUT Ke-78 RI sejak 4 agustus sampai 19 Agustus.

Dimana, kemeriahan pesta kemerdekaan warga Kelurahan Pabean tersebut layaknya suasana lebaran Idul Fitri yang dilakukan dengan sangat meriah dan guyub.

Lurah Kelurahan Pabean Nurul Hadiyati menyatakan, peringatan HUT ke 78 RI sebagai Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN) tersebut juga dibarengi dengan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriyah.

Bacaan Lainnya

Sehingga sangat luar biasa dengan berbagai perlombaan dan juga aktivitas keagamaan lainnya.

“Seluruh Lingkungan di Kelurahan Pabean mulai dari Lingkungan Karang Tengah, Pabean, Pecinan, Gempol Wetan, Gempol Kulon, merayakan secara serentak dan meriah Peringatan HUT RI Ke-78 di lingkungan masing-masing. Peringatan ini dirangkai dengan PHBI tahun baru Islam,” jelasnya, Sabtu 19 Agustus 2023 malam.

BACA JUGA: Total Jadi 3 Orang ASN: Ternyata Ada Nama Lurah Aktif di Cilegon Masuk DCS Bacaleg, Ini Datanya

Kegiatan yang diinisiasi pemuda lingkungan masing-masing, papar Nurul, dimeriahkan dengan berbagai lomba seperti bola voli, futsal, badminton, catur, cerdas cermat antar anak sekolah dan ibu-ibu setiap RT, panjat pinang, pesta rakyat, pawai obor, karnaval, lomba sholawat tingkat Kecamatan.

“Keseluruhan lomba, menunjukan kearifan lokal, dan seni budaya yang memang jumlahnya beragam dan merata di seluruh kelurahan,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut juga, Nurul, tidak lupa menyampaikan berbagai keberhasilan program pemerintah tingkat kota, seperti Beasiswa Full Sarjana, universal health coverage (UHC), dan lainnya.

Lalu juga program pemerintah di Kelurahan Pabean seperti penambahan WiFi Gratis, PJUTS, Desa Budaya, Perpustakaan yang dibina oleh Perpusnas, Jalan Tembus, dan lainnya.

“Intinya mari mengisi kemerdekaan dengan cara bergerak bersama Membangun Kampung. Mulai dari yang mudah, sederhana, menyenangkan, dan mulai dari sekarang”.

BACA JUGA: Ketua RT di Kelurahan Purwakarta Cilegon Ini Gelar Karnaval Meriahkan HUT RI, Jaga Persatuan dan Kekompakan

“Sebab, partisipasi pembangunan menjadi penting dilakukan bukan saja pemerintah tapi juga masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Peringatan HUT ke 78 RI dari Organisasi Pemuda Karangtengah (OPEKA) Nur Iman Ayatullah mengungkapkan, meriahnya kegiatan HUT Ri tersebut menunjukan keguyuban dan persatuan warga.

“Ini menunjukan semuanya ikut serta berpartisipasi dalam mengisi kemerdekaan. Artinya pemuda dan masyarakat masih sangat kompak dan guyub,” ungkapnya.

Ia berharap, kedepannya perayaan HUT RI bisa semakin meriah kembali dan banyak warga yang terus ikut serta.

“Semoga kedepan juga tidak kalah meriah,” pungkasnya. ***

Pos terkait